Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aah... Segarnya Bir Jawa

Kompas.com - 21/04/2011, 12:57 WIB

KENDAL, KOMPAS.com — Bagi kebanyakan orang, minuman "bir jawa" tentu belum banyak dikenal. Minuman khas ini bisa ditemui di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Berbeda dengan bir pada umumnya, bir jawa ini tidak memabukkan karena dibuat dari bahan-bahan tradisional dan tak mengandung alkohol. Menurut pembuatnya, Siti Supatmi, cara membuat bir jawa sangat mudah.

Bahan yang digunakan adalah jahe, serutan batang secang, manis jangan, bunga cengkeh, kapulaga, daun serai, daun pandan, jeruk nipis dan gula pasir. Lalu–kecuali jeruk nipis dan gula–semua bahan tersebut direbus dengan air.

Setelah mendidih, air ditaruh di dalam botol dan disaring. Kemudian, dibubuhkan jeruk nipis dan gula. "Setelah itu dikocok hingga ada buihnya," kata Siti, Kamis (21/4/2011).

Siti menjelaskan, bir jawa bisa diminum dalam keadaan dingin atau panas. Tetapi bila lebih dari sejam, buihnya akan hilang sehingga kesan birnya hilang. "Rasanya enak dan tidak memabukkan," katanya.

Bir jawa ini pun menyimpan khasiat. Bagi yang meminum secara rutin bisa menambah stamina. "Sehingga kita tidak malas bekerja," ujarnya sambil tersenyum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com