Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soto Tangkar Pak Pei Glodok

Kompas.com - 05/05/2011, 09:04 WIB

KOMPAS.com — Apakah Anda pernah mencoba soto tangkar? Saya penasaran dengan soto tangkar ini. Setelah sempat survei-survei, ternyata soto tangkar itu makanan yang berasal dari masyarakat Betawi pada zaman penjajahan Belanda. Pada saat itu, mereka hanya mampu membeli tangkar, iga sapi muda yang berdaging sedikit. Kemudian mereka memasaknya dengan santan, daun salam, lengkuas, serai, dan bumbu rempah lainnya...  dan jadilah soto tangkar khas Betawi. Namun, dengan berkembangnya zaman, sekarang soto tangkar juga berisi daging, jeroan, dan kikil.

Kali ini saya ingin mengulas soto tangkar yang ada di Jalan Pancoran V, Glodok. Pak Pei, penjual soto tangkar ini, berjualan di depan Toko Naga Hijau. Jalan Pancoran V ini seperti jalan kecil, lebih mirip gang sebenarnya. Sepanjang jalan ini penuh dengan orang berjualan makanan, buah-buahan, CD, dan masih banyak lagi. Nah, Pak Pei berjualan hampir di ujung jalan tersebut. Dulu beliau berjualan di depan jalan ini, tetapi sekarang mangkal di depan Toko Naga Hijau. Dan rupanya beliau sudah berjualan sejak tahun 1960-an. Sudah lama banget ya.

Lumayan banyak juga orang yang makan di depan gerobak Pak Pei ini. Meskipun hanya menggunakan kursi dan meja seadanya, para pengunjung kelihatan asyik-asyik saja menyantap soto tangkarnya. Saya pun harus menunggu sekitar 10 menit agar kebagian tempat duduk.

Sekarang semangkuk soto tangkar yang berisi daging siap disantap he-he.... Aroma jeruk purutnya sangat terasa. Saya minta sotonya berisi daging saja. Soto tangkar kuahnya berwarna coklat pucat, dan aroma kaldu sapi dan rempah-rempahnya sangat terasa. Santannya juga terasa ringan, tidak terlalu pekat. Bawang goreng, daun bawang, dan emping menjadi toping di atas sotonya. Yummy banget rasanya. Sedap sekali soto tangkar Pak Pei ini. Potongan dagingnya pun sangat lembut, tidak alot. Sedap banget.

Meskipun hanya berjualan dengan gerobak biasa, tapi rasanya sangat enak. Bahkan, ada juga ibu-ibu yang membeli dibungkus bawa pulang sampai empat porsi. Ternyata banyak juga penggemar soto tangkar Glodok. O iya, di jalan ini ada beberapa penjual soto tangkar. Jadi jangan sampai salah pilih dan jangan kehabisan, karena Pak Pei hanya berjualan dari jam delapan pagi sampai sekitar jam satu siang saja. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com