Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tauzia Gandeng Worldhotels Operasikan Hotel Bintang Lima

Kompas.com - 05/05/2011, 17:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tauzia Hotel Manegement yang selama ini dikenal dengan brand Harris, menggandeng Worldhotels, mengoperasikan hotel bintang lima dengan brand Worldhotels.

Presiden Direktur Tauzia Hotel Management Marc Steinmeyer dan Wakil Presiden Worldhotels Roland Jegge mengungkapkan hal ini kepada pers hari Kamis (5/5/11) sore.

Menurut Marc, hotel bintang lima dengan brand Worldhotels pertama akan beroperasi di Bali, namun Marc enggan menyebutkan lokasi persisnya.

“Kami akan mengoperasikan tiga hotel dengan brand Worldhotels di Bali, tiga di Jakarta dan satu di Surabaya,” jelas Marc. Di Jakarta, Marc lebih suka kawasan lama seperti Menteng. “Kawasan Menteng lebih baik dibandingkan Jakarta Kota, yang terkesan tidak aman dan lalu lintasnya macet,” kata Marc.

Sememtara Roland Jegge berharap Worldhotels dapat sukses bersama Tauzia Hotel Management. “Saya melihat Tauzia sudah berpengalaman dalam manajemen hotel, terutama sosok Marc Steinmeyer. Dia pernah menjadi CEO Accor untuk wilayah Asia Pasifik dan berpengalaman dalam pengelolaan hotel,” kata Roland.

Dijelaskan, Worldhotels didirikan tahun 1970 di Frankfurt, Jerman. Hotel pertama adalah Steinberger Frankfurter Hof dengan 100 kamar. Saat ini, kata Roland, Worldhotels beroperasi di 65 negara, memiliki 26.000 kamar di Amerika, 42.000 kamar di Eropa, dan 39.000 di Asia. Di Eropa, Worldhotels antara lain beroperasi di Belanda, Belgia, Jerman, Inggris.

Menurut Roland, kliennya 56 persen korporat, 33 persen leisure, dan 11 persen MICE. Worldhotels juga memiliki 19 mitra maskapai penerbangan. “Kami memiliki 32 juta tamu setiap tahun,” jelasnya. Tahun 2010, ada 73 hotel afiliasi dengan 20.000 kamar. Antara lain di Almaty (Kazhakstan), Munich dan Hamburg (Jerman), Singapura, Phuket (Thailand), Mumbai, Bangalore (India), Yokohama, Osaka (Jepang).

“Kompetitor kami adalah Hilton, JW Marriott, Sheraton, Crowne Plaza, dan Intercontinental. Di antara hotel-hotel bintang lima ini, Worldhotels berada di posisi ke-4,” urai Roland.

Tauzia sendiri, kata Marc, sampai akhir tahun 2012, sudah mengoperasikan 48 hotel bintang dua, tiga, dan empat di berbagai kota di Indonesia.

“Worldhotels adalah brand bintang lima. Kami lebih percaya diri berkompetisi dalam bintang lima. Setelah Indonesia, kami akan masuk Vietnam dan Malaysia,” kata Marc. “Pada era globalisasi, waralaba dan afiliasi itu sangat penting,” tambahnya. (Robert Adhi Kusumaputra)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com