Senin, 28 Juli 2014

/ Travel

Pariwisata

DIY Gelar Pentas Seni

Rabu, 11 Mei 2011 | 22:25 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar pentas seni dan musik pemulihan pariwisata pasca-erupsi Merapi di kawasan obyek wisata Kaliurang, Kabupaten Sleman, 28-29 Mei 2011. "Kegiatan pentas seni dan musik tersebut berlangsung di Panggung Kesenian Tlogo Putri, Kaliurang, di kaki Gunung Merapi bagian selatan," kata Ketua Pelaksana Kegiatan Pentas Seni dan Musik Kaliurang, Kabupaten Sleman, Mohammad Halim di Yogyakarta, Rabu (11/5/2011).

Ia mengatakan, kegiatan pentas seni dan musik tersebut sebagai bagian pemulihan wisata pasca-erupsi Merapi di kawasan obyek wisata Kaliurang dan diharapkan minat wisatawan untuk berkunjung di obyek wisata pegunungan itu semakin meningkat.

"Kondisi Kaliurang pasca-erupsi memang sudah pulih, meskipun belum 100 persen atau ramai seperti sebelum terjadi erupsi Merapi beberapa waktu lalu. Diharapkan kegiatan pentas seni dan musik di Kaliurang ini bisa memulihkan perekonomian warga Kaliurang dan Kabupaten Sleman," kata Halim.

Menurut dia, sejumlah grup musik yang akan tampil dalam pentas tersebut, di antaranya, grup campursari dan beberapa grup band lokal, yaitu Jogja Plus, Hoss Band, Legend B, Joyo Plus, dan Musik Plus. "Sementara itu, pentas wayang kulit akan mengambil lakon 'Semar Mbangun Kayangan' dengan dalang  Ki Edi Suwondo serta bintang tamu pelawak Dalijo dan Yu Beruk," katanya.

Menurut Halim, obyek wisata Kaliurang yang berjarak 29 kilometer ke arah utara Kota Yogyakarta itu memiliki fasilitas 250 hotel yang terdiri atas kelas bintang, melati, dan pondok wisata.

Fasilitas lain di obyek wisata ini, di antaranya, taman rekreasi seluas 10.000 meter persegi yang dilengkapi taman bermain anak-anak dan kolam renang mini. Selain itu, tersedia gardu pandang untuk melihat puncak Gunung Merapi dan bumi perkemahan.

Di kawasan Kaliurang juga terdapat Taman Wisata Bukit Plawangan dan Bukit Turgo. Untuk menikmati pemandangan di Kaliurang, wisatawan bisa berkeliling menggunakan kereta mini atau yang dikenal dengan sebutan kereta kelinci. "Untuk menuju obyek wisata Kaliurang bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dari Kota Yogyakarta," katanya.


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: