Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Kupang? Jangan Lupa Oleh-oleh...

Kompas.com - 16/05/2011, 11:24 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Se'i, manisan buah lontar, sampai tenun. Ada banyak pilihan untuk Anda saat mencari oleh-oleh di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di Kupang, beberapa makanan dan kerajinan tangan merupakan khas dari berbagai daerah di Nusa Tenggara Timur. Sebut saja seperti tenun. Anda akan menemukan tenun dengan motif dari Ende, Maumere, sampai Timor. Nah, berikut ide oleh-oleh yang bisa Anda beli.

Makanan Ringan Beraneka camilan khas NTT bisa Anda dapatkan di toko oleh-oleh Sudimampir yang terletak di Jalan Jend. Sudirman No. 8, Nunleu. Anda bisa membeli Bagia yang terbuat dari sagu, kacang kenari, camilan kacang mede, atau camilan yang terbuat dari jagung. Anda bisa juga mampir ke pusat oleh-oleh Ibu Soekiran yang terletak di Jalan Moh. Hatta No. 16. Di toko ini Anda bisa menemukan aneka keripik.

Tenun Mampirlah ke Naikoten 1 di Jalan Kebun Raja. Di sini Anda bisa menemukan aneka tenun. Mulai dari syal, kemeja pria, sampai busana wanita. Anda bisa juga mampir ke Toko Julahuba di Jalan Lalamentik. Datanglah saat siang untuk melihat langsung proses membuat tenunan. Ada berbagai motif dari beberapa daerah di Nusa Tenggara Timur yang dijual di toko ini. Harganya mulai dari 30 ribu rupiah untuk syal hingga jutaan untuk kain-kain tertentu.

Kopi Flores Kopi asal Flores mulai naik daun di lidah para penggemar kopi di dunia. Nah, kopi Flores bisa menjadi oleh-oleh untuk kenalan Anda yang doyan menyeruput kopi. Ada beberapa merek kopi Flores yang bisa Anda temukan di toko oleh-oleh.

Se'i Daging asap khas NTT atau Se'i adalah cinderamata favorit wisatawan Kupang. Bisa dibilang, oleh-oleh belum lengkap tanpa Se'i. Se'i untuk oleh-oleh adalah Se'i beku yang dikemas dalam kemasan kedap udara. Biasanya di toko oleh-oleh, Se'i ditaruh di freezer. Karena, jika tidak dalam keadaan beku, Se'i hanya awet beberapa hari. Jika Anda mencari Se'i halal, datang saja ke toko oleh-oleh Ibu Soekiran. Di sini, Se'i yang dijual adalah Se'i Sapi dan Se'i Ikan. Serta ada jaminan kehalalan.

Oleh-oleh lainnya yang bisa menjadi pilihan Anda adalah minyak kayu putih, abon, maupun gula lempeng. Minyak kayu putih termasuk yang dicari untuk oleh-oleh. Hanya beberapa toko di Kupang yang menjualnya. Harganya sekitar 50 ribu rupiah. Sedangkan abon bisa Anda temukan di toko oleh-oleh. Jika Anda merasa repot membawa Se'i, abon bisa menjadi alternatif penggantinya. Gula lempeng atau gula merah yang terbuat dari lontar juga bisa menjadi oleh-oleh menarik. Rasanya manis yang halus, cocok untuk campuran minum teh ataupun sekedar dihisap layaknya permen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com