Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bubur Kertasemaya, Bukan Cirebon

Kompas.com - 16/05/2011, 15:52 WIB

INDRAMAYU, KOMPAS.com — Sebenarnya ini bubur ayam. Hanya, sajian dan variasi bumbunya agak berbeda. Bagi mata awam, bubur ini mirip bubur ayam Cirebon. Namun, Ibu Isa, pedagang bubur ayam di Kertasemaya, tak mau dagangannya disebut bubur Cirebon.

"Ini bubur Kertasemaya, bukan bubur Cirebon. Beda," kata Bu Isa.

Di tempat itulah rombongan Kompas Gramedia Cyclist (KGC) istirahat, Sabtu (14/5/2011), dan makan bubur. Memang beda dibandingkan dengan bubur ayam Jakarta atau Cirebon. Kuah yang berasa kaldu ayam dan bumbu lainnya agak unik. Itulah mengapa Bu Isa ngotot mempertahankan identitas Kertasemaya. Menurut dia, ini untuk menegaskan bahwa daerahnya punya kebanggaan.

Penyajiannya, kuah dan bawang gorengnya sangat banyak. Selain itu, ayam yang dipakai adalah ayam kampung. Buburnya pun ditaburi kerupuk mi. "Itulah ciri khas bubur ayam Kertasemaya. Kami selalu pakai ayam kampung, bukan broiler seperti bubur lainnya," kata Bu Isa.

Bubur Bu Isa memang terasa nikmat. Warungnya di jalan Indramayu-Cirebon sering menjadi tujuan orang. "Saya sudah jualan 25 tahun. Orang yang lalu lalang di sini, apalagi arus mudik, sering mampir. Kalau Lebaran, saya jual pukul 07.00, dua jam kemudian habis. Padahal, saya masak 20 kg beras. Kalau hari biasa 4 kg beras saja dan empat jam baru habis," katanya.

Bagi yang lewat jalan Indramayu-Cirebon, bubur Kertasemaya buatan Bu Isa pantas dicoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com