Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Magelang Punya Paket "One Day Tour"

Kompas.com - 21/05/2011, 18:39 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com - Magelang, tergolong kota kecil namun memiliki sejumlah obyek wisata alam yang sayang jika dilewatkan para wisatawan. Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah ini mempunyai lebih dari 50 obyek wisata, hanya wisata bahari saja yang tidak dipunyai oleh Magelang.

Selain potensi alam, Magelang juga memiliki obyek wisata budaya dan edukasi yang bertaraf internasional yaitu Candi Borobudur dan sebentar lagi akan memiliki obyek wisata air Water Boom Kali Bening di Kecamatan Secang. Potensi-potensi itulah yang kemudian mendorong Pemkab Magelang untuk menyelenggarakan paket wisata satu hari (one day tour) 2011.

Paket wisata hasil kerja sama antara Pemkab Magelang, PT Taman Wisata Candi Borobudur dan Ketep Pass itu sengaja dirintis untuk ajang promosi kepariwisataan yang berorientasi pada peningkatan kunjungan wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Dian Setya Dharma menjelaskan, paket tersebut juga untuk memperpanjang waktu kunjungan wisata di Kabupaten Magelang "Selama ini wisatawan berkunjung ke Magelang hanya 1-2 jam saja, dengan one day tour ini diharapkan minimal satu hari mereka di Magelang syukur lebih," katanya, Sabtu (21/5/2011).

Paket One Day Tour diawali pada Kamis (19/5/2011) dengan melakukan perjalanan ke obyek-obyek wisata seperti desa wisata Wanurejo, Sony Art, makam Mbah Wanu, pembuatan rengginang dan Rig-Rok, candi Pawon, kompleks wisata candi Borobudur, museum Muri, museum Kapal, museum Karmawibangga, candi Mendut dan berakhir di Ketep Pass di lereng Merapi.

"Wisatawan yang lebih lama menghabiskan waktu di Magelang akan membawa devisa yang lebih banyak bagi masyarakat di wilayah ini," imbuhnya.

Suhartoto Endi Subiantoro, Kepala Unit Hotel Manohara Taman Wisata Candi Borobudur mengatakan, konsep tersebut merupakan langkah maju Pemkab, karena mensinergikan beberapa obyek dengan dijadikan satu paket. "Ini merupakan contoh bagaimana meraih mimpi, tanpa terobosan-terobosan baru maka kepariwisataan tidak akan maju," katanya.

Endi menyebutkan, target wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur tahun ini sebanyak 2.506.933 wisatawan yakni wisman 221.263 dan wisnus 2.285.670. Paket ini diharapkan bisa membantu mencapai target tersebut, serta objek wisata lain sehingga meningkatkan pendapatan Pemkab Magelang.

Santoso, pengelola Ketep Pass menyambut baik rintisan kegiatan one day tour. Pasalnya, pascaerupsi Gunung Merapi jumlah kunjungan wisata di Ketep Pass menurun yang berdampak pada target pandapatan ikut turun drastis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com