Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Wisata Jukung di Danau Beratan...

Kompas.com - 24/05/2011, 07:08 WIB

KOMPAS.com — Mengunjungi Pura Ulun Danu Beratan atau Pura Ulun Danu menjadi menu wajib liburan ke Bali. Jangan lewatkan berwisata jukung di tengah Danau Beratan bersama teman atau keluarga.

Pura Ulun Danu terletak sekitar 50 kilometer di utara Denpasar atau selama 1,5 jam perjalanan. Kawasan wisata di Bedugul, Tabanan, Bali, kini ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara. Wisatawan domestik didominasi oleh tur anak-anak sekolah dengan bus-bus besar. Tak sedikit wisatawan mancanegara yang menikmati keindahan dan kesejukan kawasan wisata ini.

Berkunjung ke kawasan wisata Danau Batur bisa dinikmati melalui tiga jalur. Pertama, masuk melalui patung polisi, yang berjarak sekitar 1 kilometer sebelum patung jagung dari arah Denpasar.

Di lokasi ini, Anda bisa menikmati berbagai atraksi wisata, di antaranya parasailing atau speed boat. Parasailing di Bedugul tentu beda dengan parasailing di Pantai Tanjung Benoa, Nusa Dua. Atraksi ini sangat menarik karena Anda akan terbang di atas danau, berkeliling menyimak perbukitan yang hijau yang kadang berkabut. Melihat Pura Ulun Danu dari udara dan menikmati desiran angin Bedugul yang dingin menusuk tulang. Ada juga jet ski dan speed boat yang siap mengarungi danau dalam satu putaran.

Cara kedua, menikmati danau melalui pintu masuk di pinggir danau. Lokasinya sekitar 500 meter dari Pasar Bedugul. Pelataran parkir cukup luas bagi sepeda motor dan kendaraan roda empat pribadi.

Di sini, Anda bisa menikmati hidangan bakso yang serasa spesial, selain nikmat di lidah,  kuahnya juga mampu menghangatkan tubuh. Kawasan ini sudah mulai berbenah dan tertata lebih rapi.

Cara ketiga, masuk melalui kawasan Pura Ulun Danu Beratan atau biasa disebut Pura Ulun Danu. Kawasan ini menjadi cara yang tak boleh dilewatkan karena di lokasi inilah Anda bisa mengabadikan foto keluarga atau teman dengan latar Pura Ulun Danu di tengah danau yang tersohor itu.

Ada beragam atraksi wisata di sini, seperti wisata jukung dengan perahu kayu. Wisata jukung dengan tarif Rp 50.000 bisa memuat empat hingga lima orang selama 30 menit. Anda bisa berkeliling menyusuri danau dengan mengayuh sendiri. Di tengah danau, Anda bisa mengabadikan aktivitas keluarga di dalam perahu yang memainkan gemericik air danau dingin dan segar atau sekadar memancing dari perahu.

Selain wisata jukung, Anda yang hobi atau ingin sekadar duduk menikmati keindahan danau bisa mencoba memancing dari tepi danau. Sambil duduk di atas geladak bambu, Anda bisa mencoba peruntungan mendapatkan ikan atau sekadar bercanda tawa dengan teman atau keluarga.

"Sangat menyenangkan bisa naik jukung di Danau Beratan. Airnya tenang, sejuk. Bisa bermain air dan foto-foto dari jukung," kata Suwarno, wisatawan domestik asal Surabaya yang berlibur ke Bali bersama keluarganya.

Selain berwisata jukung, ada beberapa atraksi wisata lainnya, seperti speed boat, sepeda bebek air, dan bola air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com