Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tower of London, Benteng Berkisah Seram

Kompas.com - 01/06/2011, 11:43 WIB

SAAT saya menuliskan kunjungan ke Tower Bridge yang dikenal dengan nama London Bridge disebut adanya sebuah kastil tua. Ya inilah salah satu tujuan wisatawan apabila berkunjung ke London. Nama kastil atau lebih tepat benteng tinggi bermenara sekarang dikenal dengan nama Tower of London.

Bentuknya yang seperti benteng-benteng penguasa raja-raja lama memang sangat klasik. Ada benteng di sudutnya yang bundar, mengingatkan akan film misalnya Robin Hood dimana bangunan bundar itu benteng. Di bagian atas ada sela-sela untuk pengawal dan di sekelilingnya terdapat jendela. Coba perhatikan lagi pasti banyak orang ingat akan film-film klasik jaman kerajaan di Eropa.

13062775851407729815

Tower of London masih terlihat kokoh meski sudah satu abad lebih usianya

 

Bangunan tua yang mungkin sudah satu abad ini masih dirawat dan dipelihara serta dijaga agar tidak tergerus arus modernisasi. Benteng inilah yang juga banyak menceritakan kepada para pengunjungnya mengenai kisah-kisah seram, mengerikan dan memilukan serta tindakan-tindakan kejam raja-raja Inggris dahulu.

Dalam berbagai kisah yang dituturkan dalam lawatan kedalam benteng ini muncul kengerian dimana era raja-raja dahulu tidak seperti digambarkan dalam dongeng, indah dan berkesan. Kisah sebenarnya, hari ini ratu, besok lusa bisa kepalanya dipenggal karena kalah persaingan atau karena sang raja cemburu.

Kisah paling banyak dikenal di Inggris adalah pemenggalan Ratu Anne Boleyn, Queen of England (1507- 1536). Anne Boleyn sendiri merupakan isteri kedua Raja Henry VIII.  Dia menceraikan isterinya Katherine of Aragon, pecah dengan Roma dan dikucilkan karena mencintai Anne. Namun dasar raja yang punya kekuasaan, gelora cintanya padam kepada Anne lalu jatuh cinta kepada Jane Seymour.

13062777721232042891

Konon Ratu Elizabeth I juga pernah merasakan menjadi tahanan di Tower ini

 

Akibatnya Anne malah dituduh subversi, berselingkuh dan intim dengan sesama kerabatnya George Boleyn, Lord Rochford. Raja lalu menjatuhkan putusan kepada bekas isterinya dan Ratu Inggris ini dengan hukuman mati dipenggal kepalanya 19 Mei 1536.

Waktu saya berkunjung ke kastil ini pemandu wisata memang banyak bercerita mengenai siapa saja yang pernah tinggal di sini. Dan siapa saja yang dijadikan tahanan di tempat ini serta dieksekusi. Dengan kata lain terkesan bahwa Tower of London sebagai penjara dan tempat eksekusi.

Ini bisa dipahami karena Henry VIII (1509-1547) yang menjadikan tempat tinggal kediaman resminya pecah dengan Gereja Roma sehingga dia menjadi pemimpin kerjaaan dan pemimpin agama yang sekarang menjadi Gereja Anglikan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com