Selasa, 2 September 2014

/ Travel

Semalam di Rumah Pohon Mekarsari

Jumat, 3 Juni 2011 | 11:26 WIB

IBARAT Tarzan dan Jane memadu kasih di rumah mereka di tengah hutan. Saat membuka pintu, kicauan burung, pepohonan nan rindang, dan rumput hijau dalam dekapan embun, seketika menyambut pagi Anda. Ini bukan sekedar mimpi atau adegan dalam film. Taman Wisata Mekarsari (TWM) yang terletak di Cileungsi, Bogor menyediakan fasilitas penginapan Rumah Pohon Leo. Anda bisa berkhayal semalam menjadi Tarzan dan Jane bersama pasangan tercinta di Rumah Pohon Leo tersebut.

Dari kejauhan, Anda akan mengira rumah-rumah tersebut memang berada di atas pohon. Ternyata, TWM dengan uniknya membuat cottage di tengah "hutan" Mekarsari. TWM memang terkenal sebagai tempat wisata buah dan kebun. Sekitar 1.437 varietas tanaman ada di TWM yang memiliki luas 264 hektar. Rumah Pohon ini tidak benar-benar rumah yang dibangun di atas pohon. Fondasi bangunan tetap batu bata layaknya rumah pada umumnya. Sementara di atasnya dibangun kamar dari kayu. Agar bernuansa pohon, pondasi pun dicat sedemikian rupa agar seperti batang pohon.

Setiap kamar bisa memuat hingga empat orang. Karena itu, sebagian besar tamu yang menginap di Rumah Pohon Leo adalah keluarga yang membawa anak-anak. Apalagi konsep edukasi sambil rekreasi yang diusung TWM sangat cocok untuk anak-anak. Namun, Rumah Pohon Leo juga bisa menjadi pilihan berakhir pekan bersama pasangan untuk sekedar melepas penat dari kesibukan bekerja sehari-hari. Mencari bulan madu murah meriah, Rumah Pohon Leo pun bisa menjadi pilihan.

Rumah Pohon Leo terdiri dari lima unit. Tiga unit merupakan rumah pohon berlantai satu dan dua unit lainnya berlantai dua. Setiap kamar memiliki luas empat kali empat meter. Kamar yang terbuat dari kayu adalah Rumah Pohon Leo yang berlantai satu. Jika Anda hanya datang berdua dengan pasangan, sebaiknya pilih kamar yang kayu. Selain selaras dengan alam di sekelilingnya, kesan kayu membuat suasana makin romantis.

Fasilitas tiap kamar pun sangat lengkap. Kamar ber-AC, shower mandi dengan air panas, televisi, kulkas mini, sampai obat nyamuk. Eits, obat nyamuk? Harap maklum, karena lokasinya di tengah-tengah kebun rindang, nyamuk pun ikut menginap di kawasan ini. Walau begitu, saat Kompas.com menginap di salah satu unit Rumah Pohon Leo, tak ada nyamuk yang menganggu tidur. Berbeda dengan hotel, di setiap kamar tidak terdapat telepon. Jika tamu butuh bantuan pengelola Ruman Pohon, telepon saja langsung dari handphone Anda. Privasi pun makin terjaga karena jarak antara unit yang berjauhan.

"Tamu yang menginap juga mendapatkan barbeque gratis pada malam harinya. Tamu bisa pilih ikan bakar atau ayam bakar. Paginya, tamu akan ikut greendland tour dan smart cultivation tour," kata Public Relations Taman Wisata Mekarsari, Putri Ayu Pratami.

Pada malam hari, Anda cukup duduk-duduk di meja kayu yang tersedia di area terbuka Rumah Pohon Leo, sementara pihak pengelola sibuk membakar ikan atau ayam sesuai yang Anda inginkan. Lengkap dengan nasi, lalap, dan sambal, makan malam Anda pun semakin seru karena ditemani suara jangkrik di alam terbuka. Udara sejuk hanya akan menambah nafsu makan Anda. Anda bisa saja membawa aneka lauk lain dari rumah seperti sosis atau jagung untuk minta dibakar.

Suara ketukan di pintu pada pukul tujuh pagi akan membangunkan Anda. Nasi goreng sebagai sarapan sudah tersedia untuk Anda. Paling cocok disantap di teras kamar sambil menikmati udara pagi dan panorama hijau sejauh mata memandang. Pukul sembilan, Anda pun bersiap menjelajahi TMW dalam program tur kebun. Anda akan naik kereta dan dipandu oleh seorang pemandu kebun. Jangan lupa untuk mencicipi aneka buah yang sedang panen. Sebelumnya, Anda akan diajak terlebih dahulu praktek menanam di area nursery TWM. Tanaman yang Anda tanam pun boleh dibawa pulang.

Hanya dengan membayar untuk penginapan semalam, Anda sudah mendapatkan sarapan, barbeque, tur kebun-kebun di TWM, dan praktek menanam. Jika Anda menebak harganya akan mahal, silahkan pikir kembali. Karena, harganya tergolong terjangkau. Khusus untuk hari Sabtu dan minggu, per malam Anda cukup membayar Rp 715.000. Harga di hari Senin sampai Jumat lebih murah lagi, yaitu Rp 550.000 per malam. Namun, karena terbatasnya unit, Anda perlu memesan kamar jauh-jauh hari.


Editor : I Made Asdhiana