Sabtu, 23 Agustus 2014

News / Travel

Istana Bogor Dibuka untuk Umum

Jumat, 3 Juni 2011 | 20:05 WIB

Berita Terkait

BOGOR, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Bogor menggelar kegiatan Istana Open dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-529 Bogor. Bagi yang berminat dapat mendaftarkan diri ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor. "Seluruh masyarakat Bogor ataupun luar Bogor mendapat kesempatan untuk bisa masuk Istana Bogor selama enam hari. Silakan mendaftarkan diri ke Disbudpar bagi yang berminat," kata Ketua Panitia Hari Jadi Bogor (HJB), Ade Syarif Hidayat, di Bogor, Jumat (3/6/2011).

Ade mengatakan, kegiatan Istana Open akan digelar pada 13 hingga 16 Juni dan dilanjutkan pada 20 hingga 21 Juni dengan menargetkan pengunjung sebanyak-banyaknya.

Istana Open merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang digelar Pemerintah Kota Bogor dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor. "Untuk yang berminat bisa mendaftarkan diri kepada panitia pelaksana, yakni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor," katanya.

Ade mengatakan, untuk dapat masuk Istana Bogor, ada beberapa aturan yang harus ditaati oleh pengunjung. Aturan tersebut merupakan aturan yang telah ditetapkan oleh pihak Istana dan juga panitia penyelenggara, yakni diharuskan berpakaian sopan dan rapi, tidak boleh menggunakan celana berbahan jins, dilarang menggunakan sandal jepit, tidak diberlakukan untuk anak di bawah 5 tahun, tidak boleh membawa bekal atau tas.

"Kita ingin mengajarkan kepada masyarakat tentang aturan di Istana seperti apa agar masyarakat bisa mengetahui bahwa di dalam Istana tersebut memiliki aturan yang selama ini dijalankan oleh para pejabat Istana," katanya.

Sementara itu, menurut Bayu, panitia pelaksana Istana Open Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, pendaftaran telah dibuka sejak 1 Juni 2011. "Pendaftaran awal sudah dibuka di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor. Rencananya, Senin (6/6/2011)  kami akan buka stand pendaftaran di depan Kantor BPPT atau di belakang gedung DPRD, dan pada hari H kita juga akan melayani pendaftaran," kata Bayu.

Bayu menyebutkan, pendaftaran dibuka pada jam kantor. Bagi masyarakat yang berminat cukup hanya mendaftarkan diri saja tanpa dipungut biaya.

Menurut Bayu, kegiatan Istana Open sangat diminati masyarakat Bogor dan luar Bogor, bahkan wisatawan mancanegara. Tahun lalu, sekitar 60.000 pengunjung terdaftar ikut Istana Open. "Kita tidak menargetkan jumlah pengunjung berapa banyak. Yang pasti kita siap melayani berapa pun banyaknya," kata Bayu. 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : I Made Asdhiana
Sumber: