Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Gowes di Jatiluwih...

Kompas.com - 09/06/2011, 09:01 WIB

BERAGAM cara bisa dilakukan untuk menikmati sajian keindahan alam yang dihadirkan persawahan Jatiluwih, Tabanan, Bali. Tak puas hanya memandang, mari nikmati kesegaran udaranya dengan bersepeda menyusuri pematang sawah.

Kawasan wisata Jatiluwih, Selasa (17/5/2011) dipenuhi wisatawan mancanegara, yang umumnya berasal dari Eropa, seperti Swiss, Perancis, Belanda. Wisatawan domestik yang menikmatinya hanya segelintir orang.

Desa Jatiluwih berada dibawah Gunung Batukaru dengan ketinggian sekitar 800 mdpl di Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Lokasinya berjarak 50 kilometer utara Denpasar atau sekitar 1,5 jam perjalanan dengan berkendara mobil atau sepeda motor.

Berjalan kaki menyusuri pematang sawah menjadi hal lazim yang dilakukan wisatawan untuk merasakan dan menyentuh langsung bulir-bulir dari tanaman padi yang eksotis ini.

Selain berjalan kaki di sepanjang pematang sawah, wisatawan juga bisa menikmatinya dengan bersepeda. Ada beberapa jalan setapak yang bisa dilalui dengan bersepeda.

Jalur ini mengantarkan wisatawan memasuki lebih jauh hamparan sawah yang segera panen dalam waktu dekat. Selain menikmati keindahan hamparan sawah, Anda juga bisa menyimak aktivitas warga setempat yang berjalan kaki mengusung daun kelapa kering atau menjunjung keranjang.

Bersepeda memberikan keleluasaan menyusuri jalan menurun atau menanjak mengikuti bentuk persawahan. Penyewaan sepeda di kawasan belum tersedia. Anda bisa membawa sepeda sendiri dan mengayuhnya dengan gembira sambil menikmati keindahan alam Jatiluwih.

Selain bersepeda menyusuri pematang sawah, Anda bisa menyusuri jalan aspal yang berliku, naik turun di sepanjang Desa Jatiluwih.

Jika belum puas bersepeda menyusuri petak sawah, wisatawan dapat menyusuri jalan setapak yang mengantarkannya memasuki hamparan sawah yang lebih luas lagi. Sepanjang perjalanan, hanya terpampang hamparan sawah dengan dihiasi beberapa pohon kelapa atau pondok kecil tempat beristirahat di tengah pematang sawah.

Padi Jatiluwih

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com