Jumat, 29 Agustus 2014

/ Travel

Sambut HUT ke-484 Jakarta

"Bring Back Batavia" di Ritz-Carlton

Jumat, 17 Juni 2011 | 18:20 WIB

Berita Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperingati HUT ke-484 Kota Jakarta, The Ritz-Carlton, Jakarta menggelar “Bring Back Batavia” – sebuah pengalaman kulinari untuk menikmati masakan khas Jakarta tempo dulu di era Batavia di Asia Restaurant, 16-25 Juni 2011.

Tim kulinari Asia, yang dipimpin Executive Chef Rudolph Blattler dan Chef de Cuisine Syaiful Bahri mempersiapkan aneka ragam hidangan untuk menikmati pengalaman bersantap dari resep tempo dulu dengan variasi yang berbeda.

Dimulai dari hidangan pembuka dengan kategori salad yang terdiri dari gado-gado, ketoprak, asinan; dilanjutkan dengan kategori sup yang terdiri dari sop buntut dan sop kaki kambing Tanah Abang.

Pilihan hidangan utamanya adalah pindang banding Betawi, sayur besan, gulai tikungan melawai, sayur asem betawi, pepes ikan salem mangga dua, ikan tongkol baker sunda kelapa, semur ayam betawi, gulai sotong muara karang, tumis genjer pedas, jambal goreng bumbu merah, ayam baker tanah abang, semur daging Betawi, bandeng bumbu acar pedas, udang bakar mbah priok, tongseng kambing kwitang, sayur babanci, jambal goreng petai peda dan masih banyak lagi. 

Selain itu terdapat beberapa culinary booth seperti kambing guling, ketupat sayur, lontong sayur, nasi uduk lontong cap gomeh, gabus pucung, martabak (isi kambing, ayam, daging dan ikan), nasi goreng udik dan kerak telor Bang Somad.

Perjalanan menikmati kuliner a la Batavia tidak akan lengkap jika belum mencicipi Dutch Station seperti veal with red onion sauce, macaroni Dutch style, braised steak, cheese crocket with mayonnaise, mushroom crocket with mayonnaise, bitterballen with honey mustard, mushroom pie with tomato sauce; dan untuk booth minuman, para tamu diajak kembali ke masa silam dengan menikmati Bir Pletok (minuman tradisional yang terdiri dari berbagai macam bumbu singkong rebus yang manis, kentang dan kacang tanah).

Para tamu dapat menikmati all-you-can-eat buffet pada malam maupun siang hari, dimulai dengan harga Rp. 208,000++/orang, dihibur alunan lagu khas tempo dulu seperti Jali-Jali, Kicir-kicir, Keroncong Kemayoran dan Lenggang Kangkung dari Orkes Samrah, yang merupakan salah satu orkestra tradisional Jakarta yang beradaptasi dari budaya Melayu.

Pada perayaan ulang tahun Kota Jakarta kali ini, Asia Restaurant yang berkapasitas 399 kursi ini akan didekorasi dengan nuansa kota tua Batavia dengan beberapa barang antik dipajang di sepanjang area restoran, becak, dan sepeda onthel.

Selain itu juga akan ada window display di area samping Asia Restaurant yang dibuat seperti teras, lengkap dengan kursi dan meja kayu khas Betawi, serta beberapa barang antik di atasnya (piringan hitam jaman dahulu, radio tua, guci kecil tua, dan lain sebagainya). Ini semua dapat dilihat di The Ritz-Carlton, Jakarta selama acara Bring Back Batavia berlangsung.

Makan siang tersedia mulai pukul 12.00 siang hingga 02.30 siang, sedangkan makan malam dimulai pada pukul 19.00 malam hingga pukul 22.30 malam. (KSP)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Robert Adhi Kusumaputra