Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata 24 Jam Keliling Jakarta

Kompas.com - 23/06/2011, 10:42 WIB

KOMPAS.com — Mari berandai-andai Kota Jakarta yang bebas dari macet dan transportasi lancar nan nyaman. Jika khayalan ini menjadi nyata, Jakarta menjadi kota wisata yang lengkap. Tak percaya? Nyatanya, Jakarta adalah kota metropolitan yang tak mengenal tidur. Pagi hingga malam, kota ini terus berdenyut memberikan aneka hiburan baik bagi warganya maupun wisatawan.

Bagaikan paket lengkap dari restoran cepat saji, Jakarta menawarkan berbagai pilihan berwisata untuk beragam kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Dari berbagai lapisan suku, agama, maupun bangsa. Setiap orang bisa memilih sendiri paket wisata mana yang cocok untuk dirinya. Bahkan, setiap jam di Jakarta menyajikan keunikan dan kecantikan tersendiri dari setiap sudut Kota Jakarta. Berikut ini beberapa aktivitas menarik di Jakarta yang cocok dilakukan di jam-jam tertentu.

Pukul 12.00 Gedung-gedung pencakar langit adalah panorama khas Jakarta. Cobalah makan siang sambil menatap kemegahan kota metropolitan. Di beberapa restoran di Jakarta menawarkan sensasi makan di ketinggian sehingga pengunjung dapat melihat gedung-gedung tinggi saat makan. Beberapa restoran di Mal Grand Indonesia atau area Sky Dining di Plaza Semanggi bisa menjadi pilihan Anda untuk mendapatkan sensasi ini.

Pukul 13.00 Wisata karya patut menjadi agenda wajib Anda saat berwisata di Jakarta. Salah satunya adalah membuat keramik di Museum Seni Rupa dan Keramik. Museum ini tutup pukul 15.00. Sementara itu, Anda membutuhkan waktu satu sampai dua jam untuk membuat keramik. Karena itu, waktu terbaik untuk mengikuti workshop keramik di museum ini adalah dua jam sebelum tutup.

Pukul 14.00 Berkenalanlah dengan kesenian Betawi dengan mampir ke Cagar Budaya Kampung Betawi Setu Babakan. Setu Babakan berada di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Di sini, Anda bisa menyaksikan pagelaran seni Betawi yang diadakan setiap hari Minggu mulai pukul 14.00. Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan musik Gambang Kromong di hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 13.00.

Pukul 15.00 Di kala matahari sudah tidak terlalu menyengat, naiklah kereta gantung legendaris di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Harga tiketnya sekitar Rp 20.000 sampai Rp 25.000. Ada dua rute yang bisa Anda pilih. Di perjalanan Anda akan melewati Danau Arsipel, danau dengan pulau-pulau kecil berbentuk kepulauan Indonesia. Anjungan-anjungan daerah bisa Anda pandangi dari ketinggian.

Pukul 16.00 Budaya minum kopi memang tak bisa lepas dari kebiasaan orang Indonesia. Apalagi, kopi-kopi asli Indonesia tengah naik daun. Beberapa kafe kini menyediakan menu kopi-kopi Indonesia, seperti kopi toraja, kopi aceh, sampai kopi kintamani. Mampir saja ke kafe di bilangan Ampera atau Jalan Sabang untuk menyesap kopi sambil menikmati camilan kecil. Mau yang murah meriah? Coba mampir ke warung kopi pinggir jalan, seperti di kawasan Blok S atau Cikini.

Pukul 17.00 Kepulauan Seribu sering kali terlupakan sebagai bagian dari Jakarta. Padahal, gugusan pulau di kawasan ini memberikan potensi wisata yang besar. Salah satunya adalah Pulau Tidung. Air bening dan pasir putih semakin cantik di kala matahari tenggelam. Ikrarkan janji cinta Anda bersama pasangan di Jembatan Cinta dengan latar belakang keelokan matahari terbenam.

Pukul 18.00 Lelah beraktivitas seharian? Manjakan tubuh Anda dengan pijat dan mandi susu. Spa di Jakarta berjamuran dalam beberapa tahun belakangan. Mulai dari totok aura sampai menggunakan teknologi mutakhir. Dari ramuan lulur tradisional sampai fish spa.

Pukul 19.00 Bermimpi menjadi Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet dalam film Titanic? Cobalah pelesir menggunakan cruise Batavia Marina Jakarta, Sunda Kelapa. Makan malam romantis akan dihidangkan di atas kapal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com