Rabu, 26 November 2014

/ Travel

Yuk ke Festival Kota Buah Mekarsari...

Sabtu, 25 Juni 2011 | 21:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Beberapa obyek wisata gencar membuat aneka program untuk memeriahkan program liburan sekolah. Salah satunya adalah Taman Wisata Mekarsari (TWM) yang mengadakan Festival Kota Buah. Pembukaan festival tersebut akan diselenggarakan pada Minggu (26/6/2011). Selain acara pembukaan, pihak TWM akan meluncurkan komik buah Kementerian Pertanian dan Gerakan Makan Buah Nusantara Massal yang dipimpin oleh Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Hasanuddin Ibrahim.

"Festival Kota Buah merupakan pilihan berlibur yang cocok untuk keluarga karena memberi kesan dan pengalaman berbeda dalam mengisi pekan liburan sekolah. Besar harapan kami, pengunjung merasa puas dalam menikmati liburannya di Taman Wisata Mekarsari dengan berbagai kegiatan yang fun dan edukatif," ujar General Manager Taman Wisata Mekarsari Hari Tanjung, seperti termuat dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (25/6/2011).

Festival Kota Buah berlangsung dari tanggal 26 Juni sampai dengan 10 Juli 2011. Perkotaan dalam bentuk miniatur ini dimeriahkan oleh "Seleb Ngamen" dari grup vokal Shamanta dan Magna Charta, "Parade Kota Buah", "Planet Buah Skenario", "Special Show Tari Nyanyi dan Theater Buah", serta lomba fashion show yang bertemakan buah.

Pengunjung pun dapat melihat Pesona 1001 Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot) yang menampilkan 73 jenis tanaman dari 23 famili. Salah satunya memperkenalkan tanaman baru, seperti Jambu Air Nasi-nasi. Pengunjung juga dapat mengikuti acara Demo Agro Gratis Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot) dari tanggal 26-29 Juni 2011. Saksikan pula Kontes Buah Melon Terbaik yang diikuti oleh para pelaku bisnis dan petani Indonesia, serta mengundang 21 Dinas Pertanian se-Indonesia.

Untuk melengkapi acara Festival Kota Buah, TWM juga menyuguhkan kegiatan Family Camp di area kebun Bisbul Country Side. Selama dua hari satu malam, para keluarga akan bermalam di dalam tenda. Keluarga-keluarga tersebut akan melakukan serangkaian aktivitas, mulai dari berkeliling Greenland (kebun buah yang sedang panen), menanam padi, melukis caping, memandikan kerbau, serta menangkap ikan yang nantinya hasil tangkapan akan dibakar sebagai pelengkap menu makan malam.

Pada malam harinya akan ada games dan Family Science. Ajang Family Science adalah program membagikan dan mempraktikkan ilmu tersebut, seperti membuat balon gas, membuat kincir-kincir, atau bagaimana proses gunung meletus. Tidak berhenti sampai di situ, esok harinya keluarga dapat menikmati serunya bermain air di Amazing Water World.

TWM juga akan membuka wahana baru, yaitu Wahana Kebun Danau. Wahana tersebut adalah kebun yang berisikan aneka varietas buah jeruk dan lengkeng dataran rendah. Pengunjung dapat berkeliling kebun, berfoto, belajar tentang budidaya varietas buah jeruk dan lengkeng, serta mendapat buah hasil kebun untuk dicicipi.


Editor : I Made Asdhiana