Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yogya Gamelan Festival Meriah

Kompas.com - 08/07/2011, 04:56 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com--Pergelaran "Yogya Gamelan Festival" ke-16 yang dipentaskan di "Concert Hall" Taman Budaya Yogyakarta, Kamis malam menyedot ratusan pengunjung yang memadati seluruh kursi dan setiap sudut ruangan.

Selain memadati gedung pementasan, para pengunjung juga memberikan aplus meriah setiap kali kelompok karawitan menyajikan komposisi gamelan.

Pentas diawali dengan penampilan kelompok karawitan anak-anak "Sanggar Karawitan Anak Sang Bumi" dari Balai Budaya, Minomartani, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Sebanyak 30 anak-anak usia sekolah dasar asuhan Nanang Karbito SSn ini menampilkan tiga komposisi gamelan yakni "Burung dan Semut", "Jurit Cilik" dan "Petani".

Tepuk tangan ratusan penonton membahana setiap anak-anak ini selesai memainkan perangkat gamelan.

Sedangkan penampil ke dua menghadirkan Yayasan Pamulangan Beksa Sasminta Mardawa dari Ndalem Pudjokusuman, Yogyakarta yang menampilkan satu komposisi "Cing Cong Hung", komposisi ini merupakan penggabungan dari kreasi Jawa Barat, Banyumas, Yogyakarta dan Banyuwangi yang dipadukan dengan gerakan tari.

Pementasan ke empat menampilkan "Wong Yogya in collaboration with Makoto and Kumiko" yang merupakan perpaduan pengrawit (pemain gamelan) dari Yogyakarta dan Jepang.

Kelompok yang berjumlah 30 personel ini memainkan tiga komposisi yakni Rara Mendut, "Coming Home" dan "Story" yang semuanya merupakan karya "Wong Yogya".

"Gamelan Lovers Yogya" menutup pementasan dengan menampilkan tiga komposisi yakni "Balungan Dayi Coteg", "Gangsar" dan "Pelog Fantasi".

"Sekitar 90 persen penampil dalam festival ini adalah generasi muda. Bahkan dari jumlah penonton juga didominasi generasi muda, bisa mencapai 80 persen dari tahun-tahun sebelumnya sekitar 40 persen," kata Sesepuh "Komunitas Gayam 16" selaku penyelenggara "16th Yogyakarta Gamelan Festival" SP Joko  SP Joko.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com