Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anna Kesal Ruhut Tak Perhatikan Anaknya

Kompas.com - 11/07/2011, 17:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Anna Rudhiantiana Legawati (50), perempuan yang mengaku masih sebagai istri sah Ruhut Sitompul (57), politisi Partai Demokrat, kesal terhadap sikap suaminya yang tak lagi memerhatikan putranya, Christian Husen Sitompul (20).

"Anak saya sudah 3,5 tahun tidak pernah dilihat (Ruhut). Padahal rumah kami berdekatan," kata Anna seusai melaporkan Ruhut di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (11/7/2011), didampingi pengacara senior, Hotman Paris Hutapea.

Anna mengatakan, sikap Ruhut itu menjadi pertimbangan baginya untuk membuat laporan. Selain itu, kata dia, Ruhut menikah lagi dengan perempuan lain bernama Diana Leovita (30). Pernikahan itu, menurut Anna, dilakukan dengan memalsukan berbagai dokumen.

Ruhut dilaporkan dengan Pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dokumen, Pasal 279 KUHP tentang menghilangkan status perkawinan, Pasal 284 KUHP tentang perzinahan, dan Pasal 45 PP Nomor 9 Tahun 1975 tentang Perkawinan. Anna menceritakan, ia sudah hidup bersama Ruhut setelah menikah di Gereja di Medan, Sumatera Utara, pada 10 Maret 1990. Saat itu, Anna beragama Islam dan Ruhut beragama Nasrani. Oleh karena berbeda keyakinan, mereka menikah kembali di Sidney, Australia, pada tanggal 27 Juni 1998.

Kepada wartawan, Anna memperlihatkan sertifikat pernikahan di Australia. Pernikahan itu kemudian dilaksanakan dengan adat Batak di Medan pada bulan Juni 2001. Nama Anna berubah nama menjadi Anna Boru Tobing. Dia juga memperlihatkan foto ketika acara adat berlangsung. Pernikahan mereka lalu dikaruniai Christian yang terlahir down syndrome.

"Kemudian yang mengejutkan dan menyakitkan pada bulan Mei 2007, saya mendapat informasi via telepon yang mengaku ibu dari WIL-nya itu dan mengaku anaknya pacaran dengan Ruhut dan saya diminta untuk memisahkan," cerita Anna.

Anna kemudian memanggil Diana dan Ruhut pada 19 Juni 2007 untuk mengonfirmasi hal itu. "Mereka mengaku. Sejak saat itulah rumah tangga saya tidak harmonis dan dia antara pulang dan tidak pulang ke rumah. Akhirnya, pada 2008 awal Januari sampai sekarang, dia sudah tidak pernah lagi datang," ucapnya.

Anna menambahkan, dia pernah menyelidiki mengapa Ruhut bisa menikah. Ternyata, kata Anna, Ruhut mengaku jejaka berdasarkan surat keterangan belum pernah menikah yang ditandatangani pada 6 Mei 2008. Akhirnya, Kelurahan Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, mengeluarkan surat keterangan belum pernah menikah pada 7 Mei 2008.

Isi sebagian surat pernyataan itu yakni:

Dengan ini saya menyatakan di bawah sumpah bahwa sesungguhnya sampai saat ini saya belum pernah menikah/dengan siapa pun juga dan saat ini saya masih jejaka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com