Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Agar Wisata Sejarah Menyenangkan

Kompas.com - 20/07/2011, 07:43 WIB
Annisa Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com – Wisata sejarah merupakan salah satu alternatif liburan yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Di setiap kota pasti mempunyai tempat-tempat wisata bersejarah yang banyak menyimpan cerita seru untuk diketahui. Selain mengurangi kebiasaan hidup konsumtif, konsep wisata yang satu ini juga dapat meningkatkan rasa nasionalisme terhadap bangsa. Berikut beberapa tips, agar berwisata sejarah Anda menyenangkan:

Persiapkan kebutuhan pribadi. Sebelum melakukan kegiatan wisata, siapkan segala kebutuhan pribadi yang dapat membantu dan mempermudah perjalanan Anda. Seperti menyiapkan kamera, buku catatan kecil, alat tulis, dan rekorder, agar semua tempat yang dikunjungi terdokumentasi. Selain itu, siapkan pula topi dan pakaian yang enak untuk dikenakan.

Berwisatalah dengan orang terdekat. Agar wisata menjadi tidak membosankan, ajak teman terdekat dan saudara Anda untuk ikut menikmati wisata. Selain dapat mengisi waktu liburan, berwisata dengan orang-orang terdekat lebih membuat nyaman perjalan wisata Anda.

Pilih tempat wisata yang tepat. Tentukan tempat wisata yang sesuai dengan keinginan Anda. Jangan lupa pula sempatkan diri untuk mencari info tempat wisata sejarah mana yang sedang mengadakan acara tertentu. Biasanya, ada beberapa tempat wisata yang mengadakan lomba dan menyediakan suvenir menarik jika berkunjung ke tempat tersebut. Hal seperti ini, tentunya dapat membuat liburan Anda tambah seru dan menyenangkan.

Banyak interaksi dan bertanya. Jangan sungkan untuk banyak bertanya terhadap hal-hal yang tidak dimengerti kepada pemandu tempat wisata tersebut. Perbanyak pula interaksi dengan orang sekitar. Hal ini, sangat penting untuk menambah referensi pengetahuan Anda.

Dokumentasi. Di setiap titik perjalanan Anda, jangan lupa untuk mendokumentasikan hal-hal penting yang Anda temukan dan mengabadikan momen terbaik saat berwisata. Buat juga rekaman video, wawancara, dan beberapa catatan kecil atau point penting dari kunjungan Anda.

Buat ruang diskusi. Setelah perjalanan wisata sejarah Anda berakhir, ada baiknya buat diskusi kecil dengan orang terdekat Anda yang juga mengikuti perjalanan tersebut. Bahasan yang dapat dibicarakan di antaranya mengenai kesan terhadap perjalanan, hal menarik apa saja yang ditemukan, serta kesimpulan di akhir diskusi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com