Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asem-asem di Rembang

Kompas.com - 20/07/2011, 16:40 WIB

KOMPAS.com - Angin sepoi-sepoi di Pantai Kartini, Rembang, Jawa Tengah,  memang bagai nina bobo. Di kala perut lapar dan angin pantai mengelus, Asem-asem bisa menjadi pilihan menu makan siang. Jangan berpikir Anda akan memakan asam jawa sebagai pengganti lauk.

Selintas, Asem-asem soto. Bedanya, balungan atau tulang dari sapi menjadi pusat perhatian di mangkok soto itu. Kaldu sapi begitu kental dan beraroma kuat. Bagaimana tidak, kuah yang dihasilkan dari menggodok daging dan tulang sapi. Tambahan lagi, tulang yang masih memiliki lapisan dagingnya ikut menambah kekuatan dari rasa kuah.

Walau begitu, kuah jernih tanpa genangan lemak dari sapi. Saat di lidah, terkecap rasa asam menyegarkan. Ternyata, untuk membuat kuah Asem-asem, kaldu sapi direbus bersama asam jawa dan daun salam. Bisa dibilang, Asem-asem seperti anak hasil pernikahan antara sayur asam, soto, dan bakso balungan khas Kudus. Beberapa cabai hijau utuh juga menjadi isian Asem-asem.

Rasanya pun menjadi begitu kaya. Aroma kaldu sapi yang kuat, kuah asam menyegarkan, pedas cabai, dan empuknya daging yang melekat di balungan. Makin nikmat disantap dengan nasi panas. Apalagi ditemani angin semilir Pantai Kartini. Tak percaya? Mampir saja ke Pantai Kartini dan temukan beberapa warung makan yang menjual menu Asem-asem. Cukup dengan merogoh kocek Rp 15.000, Anda sudah bisa menyantap Asem-asem bersama nasi dan es teh manis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com