Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barat ke Timur, Tikus Jadi Ayam...

Kompas.com - 20/07/2011, 16:59 WIB

SRAGEN, KOMPAS.com — Mereka yang sering menyusuri jalur pantai utara Jawa pastilah bisa merasakan perubahan suasana dari satu kota ke kota lain seiring pergerakan mereka dari barat ke timur. Yang paling kentara barang kali adalah suasana jalan yang ke arah Jawa Tengah makin sepi. Selain itu, suasana pesisir di barat yang berangsur-angsur hilang saat kita semakin ke timur.

Dalam pengamatan Tim Gowes Jurnalistik Pantau Jalur Mudik Jakarta-Surabaya 2011, para pesepeda merasakan juga situasi yang makin adem saat menuju Jawa Tengah. Sebelumnya saat melintasi Karawang, Pamanukan, dan Indramayu, jalanan terasa panas dan berdebu.

Hingga Cirebon, jalanan dirajai bau-bau laut karena banyak warga menjemur ikan dan hewan laut lain. Selain itu, rumah-rumah dan tempat makan biasanya memiliki halaman luas yang berpasir atau ditutup aspal yang sudah rusak, tempat bus-bus besar dan truk parkir. Pemandangan pun menjadi kurang asri dan memunculkan kesan panas.

Keluar dari Cirebon, menuju Brebes, Tegal, hingga Pemalang, suasana mulai berubah. Banyak pasar ditemui sepanjang jalan. Rumah-rumah terlihat lebih rapi.

Lalu, lepas Pekalongan, rumah-rumah warga mulai terlihat lebih hijau. Pagar-pagarnya dibuat dari bambu dan lebih banyak kayu dipakai untuk bahan pembuat rumah. Halamannya pun ditumbuhi berbagai pohon perindang dan bunga. Jarang dijumpai tempat makan yang berhalaman luas tetapi gersang seperti banyak dijumpai di Cikampek hingga Cirebon.

Namun, yang paling menarik bagi tim pesepeda adalah perbedaan hewan-hewan yang dijumpai di jalanan. Warga Jakarta hingga Bekasi pasti sering menjumpai bangkai tikus di jalanan. Bangkai-bangkai hewan pengerat itu menjadi jarang terlihat semakin kita menjauh dari Ibu Kota.

Di beberapa lokasi yang relatif sepi, bukan lagi tikus yang mengering di jalanan, tetapi bangkai ular. Memasuki Jawa Tengah, para pegowes yang pandangannya selalu mengarah ke jalan sering kali melihat benda gepeng berwarna cokelat atau jingga di aspal. Setelah diamati lebih dekat, baru ketahuan kalau benda-benda itu adalah bangkai ayam yang terlindas kendaraan.

Jadi dari barat hingga Jawa Tengah, tikus pun berubah jadi ayam. Entahlah apa yang akan ditemui dalam perjalanan menuju Jawa Timur yang dimulai Rabu ini (20/7/2011) dari Solo menuju Ngawi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com