Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Nonton Pameran Dolanan di UKSW

Kompas.com - 20/07/2011, 17:42 WIB

SALATIGA, KOMPAS.com — Program studi Desain Komunikasi Visual (DKV), Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Satya Wacana (FTI UKSW) Salatiga, Jawa Tengah, mengadakan pameran Dolanan mulai Rabu (20/7/2011) hingga Jumat (22/7/2011). Aneka permainan tradisional bocah dipamerkan dan dimainkan dalam kesempatan tersebut.  

Pengajar FTI UKSW, Antony S Tumimomor, mengatakan, dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, permainan tradisional mulai dilupakan, terutama oleh anak-anak yang memiliki akses terhadap aneka gadget serta permainan modern dan canggih. "Ini untuk mengingatkan saja bahwa kita memiliki aneka permainan tradisional yang sangat banyak, dan dapat mempererat hubungan antarmanusia. Tidak seperti gadget dan permainan elektronik lain yang justru membuat orang menjadi terasing dari lingkungan sosialnya," kata Antony.   

Dalam kesempatan itu ditampilkan aneka dolanan, seperti congklak, gasing, kincir angin, otok-otok (kapan-kapalan), hingga kuda-kudaan dari kayu. Pengunjung juga dapat bermain ketapel, untaian karet, serta permainan ular naga raksasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com