Kamis, 21 Agustus 2014

/ Travel

Tips Wisata ke Bandar Lampung

Kamis, 21 Juli 2011 | 17:09 WIB

KOMPAS.com — Bandar Lampung yang terkenal dengan sebutan "Kota Gajah" itu merupakan kota yang indah dengan pesona alam dan perbukitan yang membentang luas. Letaknya yang strategis dan tidak jauh dari Kota Jakarta menjadi alternatif pilihan destinasi liburan Anda dan keluarga.

Berbagai potensi pariwisata dari Kota Lampung cukup menjanjikan, salah satunya wisata alam yang mampu menarik para wisatawan untuk menikmati perjalanan seru saat berlibur. Berikut ini tips beberapa tempat wisata alam yang menarik untuk dijajaki ketika berkunjung ke Kota Lampung.

Pantai Pasir Putih

Terletak sekitar 20 km dari Kota Bandar Lampung dengan waktu tempuh 30 menit menggunakan angkutan umum atau melewati jalur trans-Sumatera. Biaya masuk Rp 6.000 per orang. Sarana wisatanya pun beragam, salah satunya permainan kano. Selain itu, cukup 15 menit perjalanan menggunakan feri, Anda juga dapat menjelajahi Pulau Condong yang berada tepat didepan Pantai Pasir Putih.

Gunung Krakatau

Merupakan obyek wisata Kota Lampung yang telah mendunia, yaitu gunung vulkanik yang masih aktif hingga sekarang. Kini, di lokasi tersebut dilengkapi dengan paket wisata laut, termasuk paket Krakatau Volcano Trip bagi 10 orang dengan biaya Rp 3,5 juta (all in). Selain itu, ada juga wisata sea island adventure (cruise fishing), sea activity (canoeing, snorkeling, diving, dan fishing), serta land and sport activity (volley, futsal, biking).

Taman Nasional Way Kambas

Merupakan taman nasional yang khusus melindungi gajah. Way Kambas kini menjadi maskot Lampung. Di sini Anda dapat melihat atraksi gajah yang pintar menari, juga menunggang gajah melewati hutan, rawa, padang alang-alang, dan semak belukar. Taman Nasional Way Kambas dapat ditempuh selama dua jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung.

Taman Nasional Bukit Barisan

Membentang dari ujung selatan Provinsi Lampung bagian barat hingga bagian selatan Provinsi Bengkulu. Disarankan untuk mengunjungi lokasi ini sekitar bulan Januari hingga Agustus karena cuaca pada bulan tersebut cukup cerah untuk menjelajahi hutan, berenang, bersampan menyusuri sungai, berwisata bahari, berkemah, dan mengamati tumbuhan, seperti bunga bangkai.  

Air Terjun Curup Tujuh

Memiliki tujuh tingkatan air terjun yang berada di tengah area hutan dengan ekosistem alam yang masih alami. Terletak di Kampung Marga Jaya, Kecamatan Padang Ratu, Bandar Lampung. Selain untuk rekreasi wisata, Anda dapat menikmati sejuknya alam pegunungan di aliran air terjun. Jarak tempuh dari Gunung Sugih menuju Air Terjun Curup Tujuh ini adalah 32 km atau dua jam perjalanan menggunakan kendaraan roda empat.

Lembah Hijau

Tempat rekreasi dengan suasana alami yang berlokasi di Jalan Radin Imba Kesuma Ratu, Kampung Suka Jadi, Bandar Lampung. Biaya masuknya hanya Rp 8.000 per orang. Di sepanjang area seluas 30 hektar ini, Anda juga dapat bersenang-senang menikmati adventure game, seperti berenang di water boom dan outbond.


Editor : I Made Asdhiana