Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahu Campur, Murah tapi Tak Murahan

Kompas.com - 22/07/2011, 08:35 WIB

JOMBANG-KOMPAS.com - Setelah seharian menempuh perjalanan dari Kota Nganjuk menuju Jombang, Tim Gowes Jurnalistik: Pantau Mudik 2011 kembali memanjakan lidah dengan mencicipi makanan tradisional yang murah namun soal rasa tidak murahan.

Kali ini, Tim Gowes Jurnalistik mendatangi warung sederhana milik Pak Mian yang terletak di Jalan RE Martadinata, Jombang, Jawa Timur, Kamis (21/7/2011). Selama 18 tahun, Pak Mian menjual kuliner khas Jawa Timur, yaitu tahu campur.

Tanpa perlu menunggu lama, di hadapan kami terhidang satu porsi tahu campur yang berisi tahu yang diiris tipis-tipis, taoge rebus, selada, lontong, dan irisan daging dan kikil. Kuahnya yang segar berbumbu petis udang.

Taburan kerupuk ikan menambah kelezatan makanan khas ini. Bagi yang suka pedas, tinggal menambahkan sambal sesuai selera.

Tim Gowes Jurnalistik langsung menyantap hidangan yang satu porsi hanya seharga Rp 6.000 itu. "Mantap," komentar Deviano, anggota Tim Gowes.

Seakan tidak ingin ketinggalan dalam mengekspresikan kelezatan tahu campur, Martha, pembalap profesional yang juga anggota Tim Gowes Jurnalistik, menimpalinya dengan kata yang sama. "Mantap!" tegasnya sambil menyeka keringat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com