Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gowes 850 Km, Sampai Juga ke Surabaya

Kompas.com - 23/07/2011, 01:40 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Tim Gowes Jurnalistik: Pantau Jalur Mudik 2011 akhirnya sampai juga ke Surabaya, tujuan terakhir dalam bersepeda dari Jakarta. Tepat pukul 15.00 WIB, Jumat (22/7/2011), lima penggowes masuk Garden Palace Hotel, tempat menginap.

Dua pembalap yang mengikuti ekspedisi ini, Devino Oktavianus dan Marta Murfeni, juga penggowes dari komunitas sepeda Semarang, Lioe Irwan, langsung menyalami Kompas.com. Mereka menilai perjalanan ini sukses, baik dari segi tur bersepeda, maupun tugas jurnalistik.

"Wah, selamat. Ini tur yang sukses. Semua etape dijalani dengan baik dan setiap hari semakin baik," kata Marta Murfeni.

"Saya kira ini tur yang sukses, tak ada kendala yang berarti. Kekuatan para penggowes juga semakin baik, dan tugas-tugas jurnalistik yang dilakukan wartawan Kompas.com cukup memuaskan. Saya malah baru kali ini tahu kegiatan menggowes sambil meliput berita," tambah Devino yang pernah sendirian bersepeda dari Jakarta ke Sabang, Aceh.

Gowes Jurnalistik dimulai pada 15 Juli dengan start dari depan Kantor Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta. Etape pertama sampai Pamanukan, kemudian ke Pekalongan, Cirebon, Semarang, Solo, Ngawi, Jombang, dan terakhir Surabaya. Sebelumnya, tim Gowes Jurnalistik juga melakukan survei sepanjang jalur utara dari Jakarta ke Semarang, Demak, Kudus, Tuban, Gresik, dan Surabaya. Pulangnya melewati Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Solo, Yogyakarta, Tasikmalaya, Bandung, dan kembali ke Jakarta.

Secara total, tim bersepeda menempuh perjalanan sepanjang 850 kilometer. Rata-rata, setiap etape, tim menempuh jarak 112 kilometer.

"Lihat saja hasilnya. Semula kita sampai ke tempat tujuan malam hari, kemudian makin hari makin cepat. Ini terutama dari Pekalongan ke Semarang mulai masuk hotel sore pukul 17.00, kemudian lebih cepat dan lebih cepat. Artinya, tenaga dan stamina penggowes justru lebih kuat," ungkap Devino.

Gowes Jurnalistik ini memang menjadi brand Kompas.com untuk melakukan peliputan unik, sekaligus mengampanyekan penggunaan sepeda yang ramah lingkungan dan bergaya hidup sehat. Direncanakan, kegiatan-kegiatan lain akan dilakukan dengan tema berbeda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com