Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gowes Aman Berwisata dengan Sepeda

Kompas.com - 23/07/2011, 19:58 WIB
Annisa Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Berwisata jarak dekat dengan sepeda fixie bisa menjadi alternatif menyenangkan di akhir pekan. Sepeda rakitan ini sedang digandrungi oleh kalangan anak muda. Karena identik dengan kesederhanaan, murah, dan tidak ribet untuk membuatnya.

Sepeda fixie berasal dari kata fixed gear atau sepeda dengan satu kecepatan yang sistem gear belakangnya menyatu dengan wheel dan gerakan pedalnya mengikuti gerakan roda (doltrap). Untuk bermain sepeda fixie ternyata gampang-gampang susah. Oleh karena itu, ada baiknya Anda ikuti beberapa tips ketika mengendarai sepeda fixie berikut ini:

Pertama, sebelum mengendarai sepeda fixie, terlebih dahulu cek seluruh bagian sepeda Anda. Pastikan sepeda Anda memiliki tekanan angin ban yang cukup, rantai sepeda tidak longgar, handle atau stang kuat, toeclip dan toestrap ada karena sangat berguna untuk skid. Lalu cek kembali kampas rem sepeda. Jangan lupa selalu sediakan kunci untuk keamanan sepeda Anda.

Kedua, siapkan perlengkapan pribadi yang Anda kenakan sebelum mengendarai sepeda fixie. Gunakan helm, sepatu, pakaian aman dan nyaman, sarung tangan, body protector untuk rute ekstrim. Siapkan pula makanan dan minuman pribadi di dalam tas Anda. Sebelum bermain sepeda fixie, lakukan pemanasan lutut agar tidak keram karena permainan ini lebih banyak bertumpu pada kaki. Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara mengerem (skid). Oleh karena itu dianjurkan memasang rem agar aman.

Ketiga, pastikan Anda berada jalur aman atau di jalur sepeda jika tersedia dan atur tingkat kecepatan saat mengendarai sepeda. Ketika memutuskan untuk bersepeda pada malam hari, pastikan lampu depan maupun belakang menyala. Letakkan kaki di tali pedal atau pedal clipless. Selain itu, jaga jarak untuk mengerem jika tidak menggunakan rem. Karena sistem kerja skid yang langsung berhenti.

Keempat, saat menahan gerakan diperlukan skill yang sudah terlatih. Sebab dalam bermain sepeda fixie hanya mengandalkan kekuatan pedal dengan menahan laju atau mendorong pedal ke belakang serta dibantu dari roda depan. Ketika siap untuk berhenti, geser badan Anda sedikit ke depan sepeda kemudian dorong pedal ke arah berlawanan dengan kedua kaki. Anda harus berhati-hati saat melakukan hal tersebut agar tidak kehilangan keseimbangan.

Kelima, berlatih untuk maju dan menghentikan laju ketika di atas sepeda fixie. Pastikan pula kaki Anda tidak lepas dari pedal. Sebab pedal akan berputar cepat saat melewati jalan turunan. Selain itu, Anda harus mampu menyesuaikan rasio gear sepeda yang Anda kendarai dengan jalan yang sedang ditempuh. Jika banyak tanjakan, gunakan rasio kecil. Begitu juga sebaliknya, jika melalui jalan turunan perbesar sedikit rasio gear sepeda Anda.

Keenam, beristirahatlah sejenak dan lakukan peregangan pada kaki serta tubuh Anda saat selesai bermain fixie. Teruslah berlatih untuk meningkatkan kemampuan Anda. Hal ini akan sangat membantu saat kembali bermain sepeda fixie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com