Rabu, 23 April 2014

/ Travel

Roti Mandarijn Orion Oleh-oleh Khas Solo

Rabu, 27 Juli 2011 | 14:52 WIB

Baca juga

KOMPAS.com — Kalau kita bertandang ke Kota Solo, Jawa Tengah, rasanya belum lengkap kalau tidak membeli oleh-oleh yang cukup legendaris di Kota Solo. Apakah itu? Jawabannya adalah Roti Mandarijn Orion. Kue mandarin ini sudah terkenal sejak tahun 1930-an dan menjadi oleh-oleh khas Solo. Menurut pelayan tokonya, kue ini tahan selama satu minggu lho.

Jadi kue mandarin ini bisa buat oleh-oleh karena, selain tahan lama, kue ini memang sudah sangatlah terkenal dan tentunya enak, yuuuk mampir. Dengan ditemani oleh Budi, kami langsung pergi ke Jalan Urip Sumohardjo.

Mandarijn Orion adalah kue basah yang bagian tengahnya dilapisi selai nanas. Sebenarnya sih bentuknya sama saja dengan rasa bolu atau kue lapis surabaya, tetapi ada rasa khas tersendiri dari kue Mandarijn Orion ini.

Ada tiga macam jenis Mandarijn, yaitu Mandarijn Orion Biasa, Mandarijn Orion Kismis, dan Mandarijn Orion Spesial. Mandarijn Orion Spesial lebih banyak butter-nya dibandingkan dengan yang biasa. Rasanya pun lebih empuk. Kalau saya lebih suka yang biasa, tapi ini selera sih ya... karena kakak saya lebih suka yang spesial, lebih terasa butter-nya.

Di Mandarijn Orion ini tidak hanya ada Bolu Mandarijn, banyak banget pilihan yang lain, terutama kue-kue kering atau cookies yang sudah diwadahi stoples. Saya sendiri sampai bingung memilihnya, rasanya ingin saya beli semua, he-he-he... karena semuanya tampak enak untuk dicamil. Snack pun juga banyak di sini, jajanan tradisional juga tidak ketinggalan.

Jadi kalau ke Solo, coba mampir ke Mandarijn Orion ya, karena lengkap banget di sini. Jadi kalau Anda mencari oleh-oleh khas Solo, tinggal datang saja ke Mandarijn Orion. (KZ)


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: