Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toga, Rumah Makan 'Pengobatan Herbal'

Kompas.com - 29/07/2011, 17:26 WIB

SUMEDANG, KOMPAS.com - Jika ada rumah makan yang menawarkan pemandangan alam di samping hidangan yang lezat, mungkin hal itu sudah biasa. Namun, bagaimana kalau ada rumah makan yang menawarkan obat-obatan alami? Tentu perpaduan tersebut masih tergolong langka dan unik.

Keunikan itulah yang terdapat di Warung Toga, kawasan kota Sumedang. Warung tersebut berada sekitar 5 kilometer dari Jalan Raya Bandung-Sumedang tepatnya di Kampung Cihaniwung, Desa Cigendel, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Dengan akses Jalan yang mudah untuk dilalui kendaraan roda dau ataupun roda empat, setiap hari restoran ini tak pernah sepi pengunjung. Umumnya, mereka datang dari luar kota Sumedang, seperti Bandung dan sekitarnya.

Jika Anda berkunjung ke Warung Toga, sebelum memesan menu makanan, kita bisa berkonsultasi dahulu seputar kesehatah tubuh. Dengan penuh keramahtamahan, pemilik rumah makan ini akan menerangkan tentang obat-obatan herbal yang pas untuk dikonsumsi sesuai dengan keluhan konsumen.

Seperti misalnya, bidara upas yang pas untuk mengggobati kanker paru-paru, umbi dewa untuk mengobati penyumbatan pembuluh darah, temu putih untuk mengobati kanker dan masih banyak lagi obat-obatan herbal khas Warung Toga.

Setelah puas berkonsultasi, Anda bisa jalan-jalan mengitari taman seluas satu hektar, di mana kita dapat melihat tanaman obat-obatan yang dijual di Warung Toga. Setelah berpetualang di apotek hidupn Warung Toga, Anda dapat bersantai sejenak di saung yang dikelilingi kolam ikan hias sambil menyantap menu makanan khas.

Sebutlah, nasi liwet yang dihidangkan lengkap dengan alat pemasak nasi, ikan bakar segar yang diambil langsung dari kolam di sisi saung. Selain itu, Warung Toga juga menawarkan menu unggulan lainnya yaitu ayam penyet urab herbal. Satu porsi makanan ini terdiri dari sepiring nasi bertabur abon sapi, ayam goreng penyet yang ditaburi bumbu pedas, lengkap dengan lalapan daun kemangi, tomat merah dan mentimun.

Sementara, urab herbal terdiri dari daun-daunan yang bermanfaat untuk kesehatan seperti daun sambung nyawa, kenikir, asitaba, daun min, tespong, kacang panjang dan mentimun yang diiris dan ditaburi bumbu-bumbu seperti kencur, cabe merah, bawang putih dan lain-lain.

Bagaimana? Menarik bukan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com