Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesenian Tradisional Disukai Wisman

Kompas.com - 01/08/2011, 17:02 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta, Widi Utaminingsih, mengatakan seni dan budaya tradisional yang sifatnya lokal yang berkembang di pedesaan di Daerah Istimewa Yogyakarta, menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi daerah itu. "Keberadaan seni dan budaya tradisional yang dimiliki setiap desa, jika digarap dengan baik, diharapkan dapat menjadi atraksi wisata yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke desa wisata," katanya di Yogyakarta, Minggu (31/7/2011).

Menurut Widi, mengembangkan desa wisata tanpa sajian atraksi seni dan budaya tradisional lokal akan membuat wisatawan yang berkunjung ke desa itu merasa kurang lengkap, padahal mereka sudah membayar mahal untuk menginap di desa setempat.

Oleh karena itu, perlu upaya mengembangkan serta menghidupkan kesenian tradisional sebagai aset wisata, sehingga diharapkan sektor pariwisata di daerah bisa berkembang, dengan meningkatnya kunjungan wisatawan.

"Dengan menampilkan atraksi seni budaya lokal berarti membantu kelangsungan hidup kegiatan berkesenian di daerah itu, bahkan pelaku seni tersebut dapat memperoleh tambahan penghasilan bagi keluarganya, karena setiap penampilan mereka akan dibayar," kata Widi Utaminingsih yang yayasannya bergerak di bidang studi pengembangan budaya dan pariwisata berbasis potensi lokal.

Widi mengatakan perlu keseriusan untuk mengembangkan dan melestarikan kegiatan seni dan budaya setempat agar mampu menjadi atraksi wisata, karena atraksi seni budaya memiliki hubungan erat dengan parwisata.

"Jika kesenian berkembang, tentu akan menjadi aset bagi desa yang bersangkutan, dan diharapkan sajian atraksi seni budaya lokal tersebut menjadikan desa wisata lebih hidup, dan diminati wisatawan," katanya.

Mengenai kunjungan wisatawan nusantara (wisnus), menurut Widi, potensi wisnus yang besar layak menjadi perhatian para pemangku kepentingan pariwisata di daerah ini. "Wisnus jelas bisa menghidupi pariwisata di daerah, dan untuk itu perlu perhatian khusus agar bisa menarik minat mereka berkunjung ke daerah tersebut, yang salah satunya dengan menghidupkan atraksi seni budaya lokal," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com