Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soto Kecik Sokaraja, Tempat Bernostalgia

Kompas.com - 02/08/2011, 09:26 WIB

KOMPAS.com — Berburu kuliner di daerah sekitar Purwokerto, kali ini kami pergi ke kota yang terkenal dengan makanan getuknya. Yup, ke Sokaraja. Di Sokaraja tentunya ada beberapa makanan yang perlu dicoba. Beberapa waktu yang lalu Doyan Makan sudah mengulas Soto Sutri. Nah, kali ini, kami mampir ke Soto Kecik.

Anda sudah pernah dengar Soto Kecik? Kalau melewati kota getuk ini, di jalan utamanya yang berjejer toko penjual oleh-oleh khas Sokaraja, maka kalau diperhatikan, maka Anda akan melihat satu rumah makan penjual soto khas Sokaraja ini. Kalau dari arah Purwokerto, maka Soto Kecik ini ada di sebelah kanan jalan.

Kalau mau mampir, Anda memang harus jeli dan pelan-pelan membawa kendaraan karena hampir semua toko di sepanjang jalan ini adalah penjual getuk he-he-he.... Untuk itu, carilah plang berwana biru.

Tempat Soto Kecik ini sudah berjualan cukup lama. Waktu masih tinggal di Purwokerto, kami masih suka makan soto ini. Dulu kami sering melewati Sokaraja karena waktu kecil kami berlatih renang di Kota Purbalingga. Jadi, sepulang latihan renang, kami sering mampir. Makanya kalau sedang ke daerah Purwokerto, pasti kami bernostalgia kembali.

Soto Kecik menyediakan soto khas Sokaraja, dengan kuah bening dan berisi taoge, daun bawang, potongan daging, taburan kerupuk warna-warni, dan taburan bawang goreng.

Jika suka jeroan, maka Anda juga bisa memilihnya, lho. Berhubung kami tidak suka jeroan, jadi pesan yang daging saja. Dagingnya empuk, kuahnya sedap banget. Sambalnya dengan sambal kacang yang cukup pedas... waaah enak pokoknya.

Di sini juga biasa menyajikan tempe mendoan yang masih panas... Wah, kami makan dengan dicampur tempe mendoan yang kami potong-potong. Jadi tambah nikmat... Tidak ketinggalan, camilan klanting jadi teman makan Soto Kecik.

Berwisata kuliner di daerah selalu menyenangkan. Kuliner Indonesia memang sangat unik, sangat beraneka ragam. (Yudi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com