Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Ngabuburit Keliling Surabaya

Kompas.com - 03/08/2011, 19:41 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com – Berwisata religi menjadi agenda seru ngabuburit di Surabaya, Jawa Timur. Kebetulan, Surabaya Heritage Track (SHT) yang dikelola oleh museum House of Sampoerna mengadakan “Ngabuburit Track” yang berlangsung pada 2-28 Agustus 2011.

Dengan naik bus merah, lengkap dengan pemandu, wisatawan akan diajak berkeliling ke masjid-masjid yang ada di Surabaya. Wisatawan mendapat kesempatan untuk mengenal dan juga melihat dari dekat keunikan arsitektur bangunan masjid dan tentu saja sejarah di baliknya.

“Tur tematik SHT sudah kami jalankan sejak tahun 2010. Pada tahun lalu kami juga menyelenggarakan tur tematik SHT Ngabuburit Track, namun dengan rute yang berbeda tentunya. Tahun lalu, rute Ngabuburit Track ke kawasan dan Masjid Ampel, Surabaya,” kata Marketing Executive House of Sampoerna, Eka Mayasari kepada Kompas.com, Rabu (3/8/2011).

Pada tahun ini, salah satu tempat yang akan dikunjungi dalam tur adalah Masjid Muhammad Cheng Hoo yang memiliki arsitektur unik dengan nuansa Tionghoa. Masjid dengan rancangan awalnya diilhami dari bentuk masjid Niu Jie di Beijing yang dibangun pada tahun 996 M ini memiliki filosofi pada setiap bagian dari bangunannya. Tak hanya penjelasan tentang filosofi bangunan, wisatawan juga akan mendengarkan tentang sejarah Laksamana Cheng Hoo.

Wisatawan juga akan diajak untuk mengunjungi Masjid Kemayoran, salah satu masjid tertua di Surabaya. Beberapa versi sejarah awal berdirinya bangunan ini bisa ditemukan di berbagai sumber. Asal muasal nama unik masjid ini pun akan dijelaskan pada kunjungan ini.

Tur tematik SHT diselenggarakan secara berkelanjutan pada periode-periode tertentu guna memperkenalkan potensi-potensi wisata Surabaya yang tersebar di berbagai sudut kota yang terkenal sebagai Kota Pahlawan. Tur SHT dapat dinikmati oleh wisatawan maupun masyarakat Surabaya secara gratis. Jadwal tur pada hari Selasa sampai Minggu di pukul 15.00-16.30 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com