Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telur Komodo Menetas di Praha

Kompas.com - 26/08/2011, 06:50 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Kebun Binatang Praha (Zoo Praha) berhasil mengembangbiakkan komodo di luar habitat aslinya di Pulau Komodo dan Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Aranka, komodo yang berada di Kebun Binatang Praha itu, menghadiahkan dua anak komodo pada awal 2011 dan lima anak komodo lain pada bulan Agustus, demikian disampaikan Sekretaris Ketiga Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Praha Arif Sulaksono dalam keterangannya kepada Antara London, Jumat (26/8/2011).

Pemerintah RI mengirim komodo bernama Aranka dan pasangannya, Leonardo, kepada Presiden Ceko di Praha pada tahun 2004 sebagai cerminan hubungan bilateral RI-Ceko yang terus meningkat.

Komodo telah berhasil dikembangbiakkan pertama kali di Eropa Tengah oleh tim Kebun Binatang Praha pada 2007.

Tim pengembangbiakan reptil di Kebun Binatang Praha dikepalai kurator Petr Velensky, yang dengan ketekunan dan dedikasi penuh telah berhasil mendorong Aranka untuk memberikan banyak keturunan.

Tiga anak komodo lahir pada 2007, tujuh anak pada 2009, dan puncak keberhasilannya pada 2010 ketika Aranka menurunkan 20 anak komodo.

Sejauh ini, jumlah keseluruhan komodo yang berkembang biak di Kebun Binatang Praha adalah 32 ekor.

Teknik yang digunakan oleh tim untuk mengembangbiakkan komodo berpangkal dari pengalaman dalam mengembangbiakkan binatang jenis reptil lain, melalui proses penelitian dan pembelajaran yang memakan waktu cukup lama serta menyesuaikan kondisi tempat tinggal semaksimal mungkin mendekati habitat asli komodo.

Velensky yang telah bekerja selama 30 tahun di Kebun Binatang Praha menyampaikan keinginan yang sangat besar untuk suatu saat dapat mengunjungi dan melihat langsung habitat asli komodo di Indonesia.

Disebutkan bahwa Kebun Binatang Praha telah mengalahkan keberhasilan kebun binatang di London dan Washington.

Di Washington, komodo betina serupa Aranka hanya berhasil bertelur tiga kali dan tidak menetaskan banyak anak komodo seperti Aranka.

Setiap tahun, Kebun Binatang Praha didatangi 1,4 juta pengunjung. Paviliun Indonesia yang menjadi habitat komodo merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi masyarakat Ceko, demikian dikatakan Arif Sulaksono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com