Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melbourne, Kota Paling Layak Ditinggali

Kompas.com - 31/08/2011, 13:55 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Melbourne menjadi kota paling baik di dunia untuk ditinggali, berdasarkan survei global Economist Intelligence Unit.

Melbourne yang berlokasi di Australia itu berada di ranking pertama dari 140 kota di mancanegara yang disurvei oleh Global Liveability Survey, menggeser Vancouver (Kanada) yang mendominasi ranking pertama survei hampir dalam satu dekade. Vancouver kini berada di posisi ketiga setelah ibu kota Austria, Vienna.

Kota-kota lainnya di Kanada, yaitu Toronto dan Calgary, berada di posisi ke-4 dan ke-5, sedangkan Helsinki di Finlandia berada di posisi ke-7 dan Auckland di Selandia Baru di urutan ke-10.

Penilaian terhadap kota-kota ini diukur dari stabilitas politik dan sosial, tingkat kejahatan, akses ke perawatan kesehatan yang berkualitas, acara budaya, lingkungan, pendidikan, dan standar infrastruktur.

"Australia, dengan kepadatan penduduk rendah dan tingkat kejahatan yang relatif rendah, memiliki sejumlah kota yang layak ditinggali," kata editor survei, Jon Copestake.

"Meskipun biaya hidup meningkat akibat menguatnya dollar Australia, kota-kota di Australia menawarkan beragam faktor sehingga kota-kota itu menarik untuk ditinggali," lanjut Jon.

Di antara kota-kota yang terkenal di dunia, Paris berada di posisi ke-16, dua tingkat di atas Tokyo. Kota Honolulu di Amerika berada di urutan ke-26, sedangkan London di posisi ke-53, di belakang Singapura.

Terhadap kinerja yang kuat dari kota-kota di Australia dan Kanada, bagian lain dari dunia melihat peringkat mereka dipengaruhi oleh langkah-langkah penghematan dan kerusuhan.

Ibu kota Yunani, Athena, turun lima tingkat ke posisi ke-67 akibat protes yang terjadi di kota itu.

Pemberontakan Arab mendorong penurunan peringkat terhadap kota-kota di Timur Tengah. Ini terjadi di Tripoli, ibu kota Libya, yang semula di urutan ke-107 melorot ke posisi ke-135.

Sementara ibu kota Zimbabwe, Harare, menjadi kota yang paling tidak layak untuk ditinggali, di atas Dhaka (Banglades) dan Port Moresby (Papua Niugini).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com