Rabu, 24 September 2014

/ Travel

Es Nini Thowong dan Nasi Gudeg Istimewa

Selasa, 6 September 2011 | 18:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu tempat makan khas Solo, Jawa Tengah, yang buka cabang di Jakarta adalah Es Nini Thowong. Buka di Jakarta yang berlokasi di Jalan Cideng Timur, Jakarta Barat. Mudah untuk mencarinya, dari arah perempatan Cideng ke arah Tanah Abang, nanti kira-kira 150 meter sebelah kiri jalan, sebelum perempatan Sate Senayan.

Namanya cukup unik ya? Bukan Didik Nini Towok, si penari, itu lho... he-he.  Menurut teman saya di Solo, Nini Thowong cukup terkenal di Solo. Nama tempatnya memang Depot Es Nini Thowong, tetapi bukan berarti hanya jual es lho, tentunya ada makanannya juga.

Nah, kita akhirnya mampir ke Nini Thowong yang menempati ruko dengan desain interior yang simpel dan disediakan kira-kira 10 meja. Langsung saja kita pesan menu yang menjadi andalan atau menu favorit di rumah makan ini. Menurut waiter, menu spesialnya adalah nasi gudeg, soto daging, dan es nini thowong. Kita ikuti saja anjuran dari waiter di sini.

Ternyata pelayanannya cukup cepat, nasi gudeg, soto daging, dan es nini thowongnya sudah siap disajikan dalam waktu kira-kira 5 menit saja. Yuk, cicipin!

Pertama nasi gudegnya, kami pesan nasi gudeg istimewa. Enak lho, rasanya manis, legit dan gurih. Dengan isi telor, suwiran ayam, gudeg, krecek, dan tidak lupa ada sambalnya. Memang kadang ada juga yang kurang suka dengan gudeg yang manis.

Menu kedua yang kita coba adalah soto daging. Soto daging di Nini Thowong mirip soto madura, dengan isi beberapa potong daging tipis, telor, dan kuah kuning.  Dagingnya empuk, kuahnya juga segar, dan biasanya ditambah perasan jeruk nipis. Tetapi kita juga tidak tahu soto ini apa khas Solo juga? Karena kita belum pernah tahu ada soto khas Solo mirip soto madura, mungkin hanya pelengkap saja di Nini Thowong.

Nah, kita coba es Nini Thowong, es ini mirip es campur sebenarnya. Es Nini Thowong berisi kolang-kaling, nanas, kacang ijo, potongan puding dan di beri es serut dan di topping-nya diberi susu kental. Rasanya segar cocok kalau mampir ke sini pas ke jam makan siang. (Yudi)


Editor : Laksono Hari W
Sumber: