Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Siang Pedas Mantap ala Sarang Oci

Kompas.com - 10/09/2011, 05:51 WIB

KOMPAS.com - Hari ini yang ada di benak saya adalah “Makan Pedas”. Rasanya ingin sekali makan makanan super pedas. Enaknya memang makan makanan Manado yang pedas. Sampai akhirnya saya ingat ada restoran makanan Manado yang belum pernah saya coba di daerah Jalan Panjang. Beberapa teman saya pun bilang kalau di situ masakan Manado-nya enak sekali.

Namanya adalah Sarang OCI, tepatnya berlokasi di Jl. Panjang 99 Arteri Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Segeralah kami meluncur ke Jalan Panjang, menuju Sarang OCI. Siang itu jam sudah menunjukkan pukul 2 siang. Tetapi restoran itu masih tampak ramai. Padahal sudah lewat jam makan siang. Yuk kita cobain.

Restorannya sendiri cukup besar dan ber-AC, bersih, dan pelayanannya pun sangat ramah. Menu yang ditawarkan di sini tidak jauh beda dengan restoran Manado lainnya. Tetapi di sini sebagian besar berbumbu Rica, wow pedas pastinya. Cocok lah kalau begitu dengan keinginan saya hari ini.

Akhirnya setelah melihat-lihat menu, kami pesan Ekor Tenggiri Bakar yang merupakan menu favorit, dan juga Cakalang Woku Hijau Bakar. O iya, satu menu yang tidak boleh terlewatkan kalau makan di restoran Manado, yaitu perkedel jagungnya. Saya pun tertarik untuk mencoba pisang gorengnya, saya lihat hampir di setiap meja pesan pisang goreng. Karena penasaran, saya pun ikutan pesan pisang goreng.

Ekor Ikan Tenggiri Bakar ternyata berukuran cukup besar dan aromanya ...duh menggoda sekali. Membuat rasa lapar saya semakin menjadi-jadi. Setelah difoto, langsung saya potong ikannya. Dagingnya tebal, dan terasa segar sekali ketika saya gigit. Rasanya ... mmm, mantap banget! Pedas, lezat, enak banget. Tetapi lebih terasa enak lagi ketika saya tambahkan sambal rica ke atasnya. Wuih... jadi lebih asik rasanya. Kalian harus coba yang satu ini.

Nah, Cakalang Woku Hijau Bakar disajikan dalam keadaan terbungkus daun pisang, jadi masaknya dibakar dengan menggunakan daun pisang. Daging ikan cakalang yang empuk dan padat itu diberi bumbu potongan cabai hijau, tomat, irisan bawang merah. Rasanya? Enak banget.

Perkedel jagungnya pun enak banget, paling enak yang pernah saya makan di kota Jakarta. Wah semuanya enak-enak, apalagi sambal ricanya itu yang membuat semua rasanya jadi lebih mantap. Kami pun makan lahap sekali dan yang keluar dari mulut kami cuma, “Wah enak banget,” ha-ha.

Pisang gorengnya pun harus Anda coba. Manisnya pas dan lezat sekali. Juga disediakan sambal terasi juga untuk cocolan pisang gorengnya. Di Manado pun begitu, makan pisang goreng dengan sambal. Unik kan.

Tidak salah kami makan di Sarang Oci, semua menu yang kami pesan enak semua. Mulai sekarang, Sarang Oci masuk ke dalam list restoran favorit kami. Next time kami mau mencoba menu lainnya, seperti Sirip Pari Bakar yang kelihatan yahud itu. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com