Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Ekspedisi Cincin Api "Kompas"

Kompas.com - 14/09/2011, 22:16 WIB

1. Tambora
Gunung di Pulau Sumbawa, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, ini meletus pada April 1815 yang dikenal sebagai "The Largest Volcanic Eruption in History" (letusan terbesar yang tercatat dalam sejarah). Lebih dari 71.000 orang meninggal dan terjadi perubahan iklim, dan masa itu sering disebut juga tahun tanpa musim panas.

2. Toba, Sibayak, Sinabung, dan Tarutung (patahan gempa)
Gunung-gunung api dan sesar tektonik di Sumatera Utara. Gunung api super-Toba diperkirakan meletus 74.000 tahun yang lalu dan menghasilkan kaldera dan Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengah-tengahnya. Letusan ini memicu gelombang tsunami.

3. Krakatau
Gunung api di Selat Sunda ini meletus dahsyat pada Agustus 1883. Lebih dari 36.000 orang meninggal dan letusan ini memicu gelombang tsunami.

4. Agung, Batur, dan Rinjani
Antara spiritualitas dan rasionalitas, mencari folklor lokal terkait gunung berapi. Di Bali dan Lombok, gunung menjadi pusat orientasi budaya dan agama. Bagaimana pengaruhnya terhadap mitigasi bencana?

5. Jawa Timur: Gunung Semeru, Penaggungan, Bromo, Ijen, dan Kelud
Berdampingan hidup dengan bencana. Kawah Ijen pada zaman dulu telah menjadi sumber belerang dan bahan amunisi. Sebaliknya, kini Kawah Ijen menyimpan bahaya besar. Bibir kawah yang menyimpan jutaan asam sulfat dikhawatirkan runtuh, dan kebocoran sebenarnya sudah terjadi, menyebabkan peracunan pada tanah pertanian.

Sementara itu, Bromo adalah pusat spiritual masyarakat Jawa, selain juga pusat pariwisata. Bagaimana masyarakat bisa berdampingan dengan bencana?

6. Jawa Tengah: Merapi, Merbabu, Lawu, Sindoro, Sumbing, Dieng
Pralaya dan pergeseran peradaban akibat letusan gunung api. Letusan Merapi diperkirakan menjadi penyebab bergesernya Mataram Kuno ke wilayah timur. Merapi juga menjadi contoh ujian nyata manajemen bencana modern dalam berhadapan dengan sikap budaya lokal yang sering kali bertabrakan.

7. Jawa Barat: Tangkuban Perahu, Salak, Papandayan, Galunggung
Berkah kesuburan tanah Parahyangan di balik ancaman bencana. Letusan Salak pernah berdampak besar terhadap Jakarta.

8. Kerinci, Dempo, Merapi, Sorik
Gunung para dewa dan konsepsi kisah orang pendek. Gunung Kerinci adalah juga gunung api tertinggi di Indonesia, yang memiliki keindahan, tetapi juga memiliki potensi bencana sangat besar.

9. Rokatenda, Egon, Lewo Tobi, tsunami di Ende dan Larantuka

Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah contoh ekstrem kepulauan yang dibentuk oleh jajaran gunung berapi, yang berpengaruh terhadap keringnya geografi di daerah ini. Selain itu, tsunami juga berkali-kali menerjang. Bagaimana kearifan lokal masyarakat terhadap bencana ini?

10. Sangihe, Ambon, Ibu, Soputan
Hampir mirip dengan NTT, kepulauan Ambon (Ambonia) juga tersusun dari banyak gunung berapi aktif, sekaligus berada di area penghunjaman aktif yang sering terdampak gempa dan tsunami. Bahkan, catatan paling tua tentang tsunami di Indonesia terjadi di Ambon, dicatat oleh Rumphius.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com