Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel Ini Bekas Rumah Juragan Batik

Kompas.com - 22/09/2011, 17:32 WIB

KOMPAS.com - Anda ingin sensasi menginap di hotel dengan konsep hotel tua bekas rumah juragan batik di Solo, Jawa Tengah? Menginaplah di Hotel Roemahkoe Heritage di Jalan Laweyan, Solo.

Hotel ini adalah tempat yang paling tepat untuk mengenang kejayaan zaman dahulu. Sebab, hotel ini dulunya adalah rumah juragan batik di Solo.

Apabila Anda pergi ke Kota Solo, salah satu kegiatan yang pasti ingin Anda lakukan adalah berbelanja batik. Batik yang beraneka macam corak dan mode juga ada di sepanjang Jalan Laweyan tersebut.

Memasuki lobi hotel ini terasa asri dengan pengaturan arsitek mebel khas Jawa. Pot-pot bunga berdaun hijau lebar sangat nyaman dipandang. Pintu-pintu rumah dan hiasan dinding semua khas Jawa.

Kamar-kamar diatur berseberangan dengan kolam pancuran yang banyak ditumbuhi bunga daun gajah. Di depan kamar ada teras dengan meja kursi.

Wisatawan yang menginap di sini bisa merasa nyaman apabila minum kopi di teras sambil menikmati kolam ikan dengan pancuran di talang atasnya.

Ruang makannya sangat eksotik diatur ala mebel zaman Jawa dulu. Ruang ini menghadap ke seperangkat gamelan. Wisatawan yang menginap bisa belajar gamelan kepada guru penabuh gamelan.

Tamu juga bisa belajar membatik apabila menginap di hotel ini. Acara rekreasi di seputar Kampung  Lawelayan bisa dilakukan dengan naik becak yang selalu siap di depan hotel.

Berkunjung ke kampung batik yang teselip di antara tembok-tembok tinggi putih menyusuri gang-gang kecil seluas dua meter. Menjadi sensasi tersendiri bisa melihat proses pembuatan batik di pabrik-pabrik pembuat batik.

Dengan mempertahankan bentuk bangunannya, Hotel Roemahku dari depan masih terlihat sebagai rumah kuno dengan teras yang asri, tembok yang kokoh, dan lobi hotel sepert layaknya ruang tamu dengan tata ruang ala Jawa kuno.

Semua ruangan mulai lobi, ruang makan, ruang tengah, diisi dengan mebel Jawa kuno. Serta penataan dinding dengan hiasan-hiasan Jawa. Tetapi kamar hotelnya terasa bersih, rapi, dan sesuai dengan standar hotel berbintang.

Dari hotel ini juga tidak jauh apabila wisatawan ingin melanjutkan wisata ke Keraton Kasunanan Surakarta bisa dengan naik becak atau andong. Berbelanja ke Pasar Klewer pusat batik Solo juga dekat. (Asita DK Suryanto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com