Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Rawon Nguling Langsung di Kota Asalnya

Kompas.com - 03/10/2011, 14:46 WIB

KOMPAS.com - Ingin makan rawon Nguling di tempat asalnya? Datanglah ke Warung Rawon Nguling di Kecamatan Nguling, Probolinggo, Jawa Timur. Warungnya terletak di jalur utama utara Jalan Surabaya-Bali. Apabila Anda melalui darat di jalur utara pasti melewati warung rawon legendaris ini.

Meskipun sekarang rawon nguling sudah memiliki beberapa cabang di Jakarta dan kota besar lainnya, tetapi makan di warung asalnya tempat berdiri terasa berbeda. Foto-foto Presiden SBY yang pernah makan di tempat tersebut jadi pajangan utama di hiasan temboknya. Meja kayu dan kursinya diatur model memanjang sehingga ratusan orang bisa makan bersama di warung ini.

Begitu masuk warung, kita akan ditawari daftar menu bermacam-macam masakan Jawa Timur. Tetapi tetap pengunjung paling banyak memilih nasi rawonnya. Di meja sudah tersedia gorengan lauk pauk mulai dari gorengan empal daging, otak, limpa, tahu, dan tempe yang buat ukuran orang Jakarta termasuk besar-besar irisannya.

Nasi rawon Nguling terhidang dicampur nasi dan irisan daging sapi rawon dengan sambel terasi dan taoge pendek sebagai perlengkapannya. Kuah rawonnya agak encer kehitaman karena ada bumbu kluwek, bumbu khusus untuk campuran rawon. Terasa segar dimakan panas-panas dan daging sapinyanya sangat empuk. Di Jawa Timur jarang makan nasi dengan kuah terpisah, tidak seperti di Jakarta.

Dimakan dengan kerupuk udang atau kerupuk ikan, rasanya makin mantap. Rasa rawon yang berkuah encer kehitaman terasa pas bumbunya di lidah. Apalagi dicampur sambel terasi taoge, terasa pedas-pedas dikit dan segar saat makan di tengah perjalanan. Sangat cocok dimakan di tengah kelaparan perjalanan karena porsi nasinya cukup banyak.

Tambah nikmat rasanya dimakan dengan gorengan  tempe  dan empal daging goreng. Makin mewah makan rawon Nguling dengan tambahan empal goreng dan tempe karena harganya akan dua kali lipat dibanding hanya nasi rawonnya aja yang harganya Rp 12.500 per piring. Meskipun tebal, empal gorengnya empuk dan terasa rasa bumbunya.

Di warung ini ada juga pilihan nasi soto, nasi sop, nasi gule, nasi lodeh, dan lainnya hampir semua menu andalan makanan khas Jawa Timur ada. Tetapi menu andalannya tetap nasi rawon apalagi nama warungnya tetap “Warung Rawon Nguling” meskipun menunya beragam.

Minuman segarnya adalah jamu bikinan sendiri seperti es beras kencur. Es sinom juga segar diminum di siang hari yang panas. Untuk oleh-oleh khas Jawa Timur mulai tape Bondowoso, macam-macam kerupuk Surabaya, keripik tempe Malang, suwar suwir Jember, dan makanan khas Jawa Timur lainnya juga tersedia warung ini. (Asita Suryanto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com