Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Wisata Murah ke Yogyakarta

Kompas.com - 07/10/2011, 12:45 WIB
Adhika Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Yogyakarta dikenal sebagai salah satu tempat tujuan wisata yang populer di Indonesia. Semakin populernya kota ini sebagai tujuan wisata, membuat harga barang serta fasilitas wisata juga melambung.

Padahal dulu Yogyakarta dikenal sebagai tempat wisata murah. Berikut tips agar Anda bisa tetap menikmati kekhasan Yogyakarta, tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Pertama. Jika berangkat dari Jakarta ada beberapa pilihan kereta ekonomi menuju Yogyakarta dengan harga murah. Misalkan dengan menggunakan kereta ekonomi Progo dengan harga tiket Rp 35.000, Anda sudah bisa sampai stasiun Yogyakarta dengan selamat.

Jika berangkat dari Bandung bisa menggunakan kereta Kahuripan seharga Rp 24.000. Mengapa kereta ekonomi? Selain murah, jika berangkat dari arah Jakarta-Bandung perjalanan menggunakan kereta ekonomi juga cukup menghemat waktu karena akan terhindar dari macet.

Kedua. Selama berwisata di Yogyakarta, banyak pilihan alternatif untuk mengelilingi dan berkunjung ke tempat-tempat wisata. Salah satunya dengan angkutan umum, di Yogyakarta masih banyak bus dalam kota dengan harga terjangkau. Ada juga naik bus transJogja dengan harga tiket Rp 3.000 untuk single trip. Rute bus ini pun melewati beberapa tempat strategis di Yogyakarta.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat-tempat wisata yang tidak terjangkau angkutan umum, Anda bisa menyewa motor selama sehari penuh dengan harga sewa Rp 50.000. Atau jika Anda ingin menikmati suasana dengan berjalan kaki, jalanan kota Yogyakarta ditata nyaman untuk para pejalan kaki.

Ketiga. Bagaimana mencari tempat menginap murah selama di Yogyakarta? Jika Anda ingin mendapatkan tempat menginap memadai dengan biaya per malam yang murah, silakan cari di pinggiran kota.

Banyak penginapan yang menawarkan harga mulai dari Rp 70.000 hingga Rp 95.000 per malam untuk kamar yang bisa diisi dua orang. Rata-rata hotel murah ada di pinggiran, tetapi ada juga yang terletak di pusat kota misalnya di dekat Keraton ada Hotel Puspita atau Delta Homestay di Prawirotaman.

Keempat. Urusan perut jangan sampai terlewatkan. Dengan uang seratus ribu saja, Anda bisa menikmati berbagai macam kuliner murah untuk beberapa hari di Yogyakarta.

Anda bisa menikmati gudeg basah, sajian kuliner khas kota ini untuk sarapan seharga Rp 7.000 per porsi lengkap dengan ayam suwir. Anda bisa menemukan penjual gudeg basah, pecel sayur, bubur ayam, soto dan lain sebagainya saat pagi hari di pinggiran Jalan Malioboro.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com