Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Penenun yang Ramah di Kampung Sade

Kompas.com - 10/10/2011, 14:12 WIB

KOMPAS.com - Kampung Sade, Desa Sasak adalah desa wisata tradisional di Pulau Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Di kampung yang bangunan rumahnya masih sangat tradisional, dengan atap rumbia, lantai tanah dan dinding bambu masih lengkap ditempati penduduknya dengan cara hidup tradisional.

Rumah-rumah mereka menghadap ke arah Gunung Rinjani. Mereka percaya di gunung itu sebagai tempat bersemayamnya roh-roh leluhur.

Di kampung yang dihuni sekitar 150 rumah dengan 700 orang penduduk ini mata pencahariannya adalah pengrajin tenun ikat dan bertani. Apabila mengunjungi desa ini, wisatawan bisa melihat wanita-wanita melakukan pekerjaan menenun kain dengan alat kayu tradiional.

Mereka juga membuat suvenir berupa gelang, kalung, gantungan kunci dari kayu yang bermotif kodok dan cicak yaitu hewan simbol keberuntungan.

Wanita-wanita di kampung ini sangat ramah menunjukkan cara pemakaian alat  tenunnya kepada wisatawan. Di teras-teras rumah banyak kain tenun yang dibentangkan untuk dijual.

Konon, wanita suku sasak tidak boleh menikah sebelum bisa membuat sendiri kain tenun. Kain tenun warna biru hijau merah mendominasi kain tenun wanita sasak ini.

Mereka juga mempersilahkan wisatawan masuk ke dalam rumahnya untuk melihat cara hidup mereka. Seperti melihat cara mereka memasak dengan tungku kayu bakar.

Rumah mereka gelap tanpa jendela, hanya ada satu pintu masuk rumahnya. Pintu masuknya sengaja dibikin rendah sebatas dada, sehingga harus menunduk saat memasuki pintu rumahnya.

Di dalam ruang tamu ada kasur yang digelar di lantai. Lemari kaca yang ditutup kain tenun dan ada alat-alat memasak. Mereka memasak di halaman rumah untuk mencegah kebakaran dan asap kayu bakar karena tidak ada jendela rumah.

Di bagian atas rumah ada tangga menuju kamar tidur. Jadi dari luar, rumah tidak seperti bertingkat karena atap rumahnya tinggi berbentuk segi tiga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com