Sabtu, 29 November 2014

/ Travel

Wisata Jawa Timur 1

Tips Wisata ke Jawa Timur dari Jakarta

Selasa, 18 Oktober 2011 | 18:48 WIB

KOMPAS.com - Ada beragam obyek wisata di Jawa Timur. Hampir semua kabupaten di Jawa Timur bisa dicapai dari Kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur, baik melalui jalur pesawat terbang maupun angkutan kereta api.

Dari Jakarta banyak penerbangan ke Bandara Juanda Surabaya. Hampir setiap jam ada penerbangan Jakarta-Surabaya dari Garuda Indonesia. Hampir semua maskapai domestik membuka jalur Jakarta-Surabaya.

Dari Bandara Juanda Anda bisa naik bus Damri menuju Terminal Bus Bungurasih. Dari sini, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan bus antar kota ke semua kabupaten di daerah Jatim.

Apabila naik kereta api dari Stasiun Gambir ada pilihah kereta api eksekutif Anggrek, Sembrani, dan Bima. Dari Stasiun Senen bisa naik kereta api ekonomi Gayabaru langsung menuju Surabaya. Sampai di Stasiun Pasar Turi Surabaya bisa ganti kereta api jurusan ke kota-kota lain di Jatim.

Apabila naik bus eksekutif antar kota dari Terminal Pulogadung dan Terminal Lebakbulus, Jakarta, banyak pilihan bus ke Surabaya lewat jalur utara. Anda bisa turun langsung ke Kota Lamongan untuk melihat Wisata Bahari Lamongan yaitu Pantai Tanjung Kodok dan melihat Gua Maharani.

Untuk wisata di sekitar Surabaya yang bisa dicapai antara satu sampai dua jam dari pusat kota Surabaya dengan dengan perjalanan mobil antara lain, Taman Safari Indonesia II di Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Di Taman Safari Anda bisa melihat binatang berjalan-jalan di hutan buatan. Perjalanan bisa berlanjut ke kawasan istirahat berudara sejuk Tretes.

Tretes seperti Puncak di Jawa Barat dengan banyak vila-vila untuk disewa. Apa saja obyek-obyek wisata lainnya di Jawa Timur yang menarik untuk dikunjungi?  (Asita DK Suryanto / bersambung)

 


Editor : kadek