Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sauto, Soto Tauco Khas Tegal

Kompas.com - 19/10/2011, 23:09 WIB

KOMPAS.com - Berwisata kuliner di kota Tegal, tidak afdol kalau tidak mencicipi makanan khas kota ini. Nah kali ini, saya diajak saudara untuk datang ke penjual Sauto (soto tauco) yang sudah terkenal di kota Tegal ini.

Sauto ini berjualan di Almira Lesehan, pemiliknya adalah Bapak Madi.  Lokasinya tidak susah dicari. Terletak di Jalan Gurami 5 Tegal dan di seberang soto tauco ini ada klenteng besar.

Sauto adalah soto yang kuahnya diberi tauco. Tetapi di sini tersedia juga yang bening lho, tanpa tauco. Ada juga pilihan dengan babat dan ayam.

Begitu masuk kami sempat kaget, karena di dalam ternyata ada tempat untuk karaoke. Menggunakan organ tunggal, pengunjung boleh menyumbang nyanyian.

Lucu sekali tempat makan ini. Tetapi karena di dalam cukup panas dan suara musik cukup kencang, maka kami pindah duduk di depan saja.

Kami pesan soto tauco. Satu porsi soto Pak Madi ini berisi suwiran ayam, tauge, daun bawang, bawang goreng, kuah yang agak coklat.

Karena kami sudah agak kenyang, maka kami pesan tanpa nasi. Kalau Anda pesan dengan nasi, maka nasinya biasa dicampur ke dalam soto tauco ini.

Kita cicipi kuahnya dulu. Kuahnya lezat dan ditambah sambal jadi tambah nikmat. Lalu rasa tauconya sangatlah kuat dan memang jadi terasa nikmat.

Suwiran ayamnya juga cukup banyak. Ada yang unik di soto ini yaitu potongan usus ayam goreng kering yang dicampur ke dalam soto ini. Jadi pas kita menyeruput kuahnya maka ada rasa garing pada usus goreng ini. Wih enak lho.

Sauto Pak Madi buka dari jam 14.00 sampai dengan 22.00. Kalau sedang berwisata ke Tegal, jangan lupa coba makanan khas ini.   Menurut beberapa info yang saya dapatkan, ada beberapa penjual sauto enak lainnya di Tegal. Lain kali saat mampir ke sini, pasti akan kami coba sauto yang lainnya. (YUDI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com