Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Raungan Mengakrabi Alam

Kompas.com - 06/11/2011, 05:53 WIB

KOTABUMI, KOMPAS.com - Bergerombol terus melaju menyusuri jalanan dari Jakarta, menuju Merak, dilanjutkan ke Bandar Lampung, kemudian ke Kotabumi (Lampung Utara). Sebuah perjalanan diam mencoba mengakrabi alam, tapi penuh gaung dan menyita perhatian.

Itulah yang dilakukan tim Jelajah Sepeda Kompas Jakarta-Palembang. Sampai Sabtu (5/11/2011), sudah tiga etape dijalani. Dari Jakarta-Merak, Merak-Bandar Lampung, kemudian Bandar Lampung-Kotabumi.

Masih ada empat etape lagi sebelum sampai ke finish di Jakabaring, Palembang,9 November nanti. Keempat etape itu adalah Kotabumi-Baturaja, Baturaja-Muara Enim, Muara Enim-Prabumulih, dan Prabumulih-Palembang.

Sebuah perjalanan diam, tanpa raungan mesin atau kepulan asa, kecuali suara sirene polisi yang mengawal. Namun, sepanjang jalan tim disambut luar biasa oleh masyarakat. Hampir di setiap perkampungan, masyarakat keluar untuk memberi semangat. Banyak pula komentar lucu, bermakna, juga penuh semangat.

Entah berapa kali tim disambut dengan teriakan "Semangat!" dan "Merdeka!". Ada pula yang manggut-manggut, lalu mengucapkan kalimat, "Selamatkan bumi!"

"Yoo, hemat energi!" kalimat itu juga sempat terdengar.

"Wah, kuat-kuat ya. Ternyata bersepeda jarak jauh bisa juga," itu komentar lain.

Ya, jelajah sepeda ini memang bukan sekadar bertamasya. Namun, seperti kata Wakil Pemimpin Redaksi, Trias Kuncahyono, dan Redaktur Pelaksana Harian Kompas, Budiman Tanurejo, jelajah sepeda ini memang membawa banyak misi.

"Dengan bersepeda, kami juga ingin mengkampanyekan cinta bumi, hemat energi, dan gaya hidup sehat," kata Trias Kuncahyono sebelum pemberangkatan tim jelajah.

Hal sama juga disampaikan Budiman Tanurejo dalam temu pers sebelum jelajah sepeda. Bahkan, dia mengatakan, Kompas masih punya impian lain untuk menggelar kegiatan yang sama. Direncanakan, pada tahun 2015, Kompas akan mengadakan jelajah sepeda dari Sabang sampai Merauke.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com