Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Ke Singapura dengan Biaya Murah? Simak Tips Ini...

Kompas.com - 11/11/2011, 17:38 WIB

KOMPAS.com - Saat ini berwisata ke luar negeri, khususnya Singapura, tidak lagi menjadi sebuah kemewahan. Ternyata siapapun bisa bepergian dengan murah dan mudah.

Peningkatan perjalanan, khususnya ke luar negeri yang terus meningkat menunjukkan kegiatan wisata bukan lagi sekadar kegiatan tambahan. Tetapi sudah menjadi satu kebutuhan utama yang dilakukan secara rutin.

Munculnya maskapai penerbangan dengan biaya murah, yang menawarkan harga tiket penerbangan ke luar negeri sangat murah dan juga kebijakan pemerintah dengan menghilangkan biaya fiskal ke luar negeri sejak Januari 2011 lalu. Hal-hal ini menjadi andil dalam meningkatkan dan merubah kebiasaan orang untuk bepergian ke luar negeri.

Sekarang ini, dengan semakin mudahnya akses ke internet, kita dapat mengatur sendiri perjalanan kita. Walaupun negara Singapura dekat, hanya memerlukan waktu penerbangan sekitar 1 jam 20 menit dari Jakarta. Tetap ada baiknya kita memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Persiapkan dokumen perjalanan, yaitu paspor. Paspor merupakan dokumen resmi yang menunjukkan identitas kita sebagai warga negara Indonesia yang bepergian ke luar negeri.

Masa berlaku paspor adalah lima tahun dan dapat diperpanjang. Paspor diperlakukan untuk semua warga negara segala usia, artinya anak yang baru lahir pun harus membuat paspornya sendiri.

Harap diperhatikan sekarang ini banyak negara, khususnya Singapura mensyaratkan masa berlaku paspor minimal 6 bulan untuk bisa masuk ke negara tersebut. Bahkan suatu maskapai penerbangan murah tidak akan memberangkatkan penumpang yang memiliki paspor dengan masa berlaku kurang dari 6 bulan.

Sebaiknya paspor diurus sendiri dan dilakukan jauh hari sebelum keberangkatan. Sebab, untuk beberapa maskapai penerbangan, pada saat proses pemesanan melalui internet, setiap calon penumpang wajib mencantumkan nomor paspor masing-masing.

Perhatikan biaya penerbangan dan biaya menginap. Biaya perjalanan ke Singapura sangat ditentukan oleh biaya penerbangan dan biaya menginap. Hal ini berarti jika kita bisa berhemat di kedua biaya ini, maka biaya total yang harus kita keluarkan menjadi semakin rendah.

Untuk mendapatkan tiket murah kita dapat memanfaatkan waktu promo yang diberikan maskapai penerbangan. Bisa saja kita memanfaatkan situs pencari tiket penerbangan dan penginapan murah untuk sepanjang tahun, seperti situs.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com