Rabu, 22 Oktober 2014

/ Travel

Selir Kaisar China 3.000 Orang

Jumat, 11 November 2011 | 23:57 WIB

KOMPAS.com — Sudah banyak yang tahu bila raja atau kaisar memiliki banyak selir. Maklumlah, selir menjadi bagian dari kehidupan istana raja. Di China, pada masa lalu, jumlah selir kaisar sangat banyak. Bahkan, ada kaisar yang punya selir hingga 3.000 orang.

Kaisar yang memiliki selir sebanyak itu adalah Kaisar Kanxi (1654-1722) dari Dinasti Qing. Kaisar itu memang dikenal suka dengan perempuan. "Kaisar kan hobinya beda-beda, ada yang suka berkuda, ada hobi lain lagi," kata Wang, pemandu wisata di Forbidden City, China.

Lalu bisakah kaisar bertemu atau berhubungn dengan semua selir? "Sepertinya juga tidak. Kaisar pilih mana yang dia suka," tambahnya. Andaikan saja, setiap hari kaisar bertemu satu orang selirnya saja, maka butuh lebih dari delapan tahun kemudian baru bisa bertemu kembali.

Di bagian belakang kompleks Forbidden City, persis di belakang tempat tinggal kaisar, terdapat taman yang dipenuhi pepohonan pinus dan bebatuan yang terpahat secara alami. Di taman itulah, kaisar bersama keluarganya bersantai. Taman itu juga menjadi tempat bermain-main bagi anak-anak kaisar.

Forbidden City memiliki luas 72 hektar, dengan bangunan yang berlapis-lapis sehingga membentengi kediaman kaisar yang berada di bagian belakang. Bila berjalan dari depan di Pintu Langit (Tiananmen) sambil mengamati sepintas saja, maka kita bisa menghabiskan waktu sekitar dua jam untuk mencapai bagian belakang. Kompleks istana kaisar dibangun tahun 1406 pada zaman Dinasti Ming, dan memakan waktu selama 15 tahun; kemudian dilanjutkan Dinasti Qing.

Setiap hari Forbidden City dikunjungi sekitar 40.000 wisatawan dari berbagai negara. Pada masa puncak liburan, jumlah wisatawan bisa mencapai 90.000 orang per hari. Tiket masuknya 60 yuan per orang atau kira-kira Rp 84.000.


Penulis: Subhan SD
Editor : Nasru Alam Aziz