Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bromo, Gunung Berapi Paling Berkesan di Dunia

Kompas.com - 15/11/2011, 13:11 WIB
Valentine Widi Virdhani

Penulis

KOMPAS.com - Gunung berapi, mematikan sekaligus indah. Sebuah paduan yang telah menarik wisatawan untuk datang dan menjelajahinya. Lonely Planet memuat beberapa gunung berapi paling berkesan di dunia. Ternyata, Gunung Bromo di Indonesia adalah salah satu dalam daftar itu. Berikut daftar gunung berapi itu.

Gunung Hekla, Islandia. Selain disebut dengan nama “Gateway to Hell” atau pintu masuk ke neraka. Terakhir bererupsi tahun 2010.

Hekla berarti "hooded one" karena gunung ini ditutupi awan sehingga seolah-olah dikerudungi oleh awan. Gunung ini meletus cukup banyak yaitu setiap 10 tahun. Gunung ini sebenarnya nyaman didaki.

Tentu merasa letih mendaki gunung ini, namun akan terbayarkan bila Anda tiba di puncak gunung yang tertutup salju. Jika Anda ke gunung ini pada musim dingin, akan ada mobil salju wisata ke atas.

Gunung St. Helens, Amerika Serikat. Pada tanggal 18 Mei 1980, letusan gunung berapi ini bererupsi dan menciptakan sebuah kawah selebar 1,5 kilometer di sisi utaranya. Di sekitar gunung, terdapat sejumlah lintasan untuk hiking. Pendaki yang ingin menuju puncak harus memperoleh izin.

Gunung Pinatubo, Filipina. Setelah sekitar 600 tahun dianggap sebagai gunung mati, pada tahun 1991, Gunung Pinatubo menghasilkan salah satu guncangan vulkanik terbesar di abad ke-20. Saat itu, ia meletuskan abu batu hingga 40 kilometer ke atas langit dan menyebabkan kepala gunung itu runtuh hampir setinggi 300 kilometer.

Jalan baru yang dapat diakses oleh pejalan kaki untuk pendakian dapat dimulai dari Santa Juliana. Tempat ini juga merupakan tempat ziarah setiap tanggal 30 November, sebagai peringatan letusannya.

Gunung Paricutan, Mexico. Paricutan adalah salah satu gunung termuda di bumi. Saat Perang Dunia II, sebuah erupsi terjadi di tengah ladang jagung. Lahar mengalir hingga sekitar 20 kilometer persegi dan melanda dua desa. Sekarang, pemandangan yang tersisa dari kedua desa itu hanya menara gereja desa yang tampak menonjol keluar dari lahar yang sudah membeku.

Perjalanan menyusuri gunung dapat dilakukan dengan berjalan kaki atau dengan naik kuda untuk menuju puncak. Namun pemandangan bekas aliran lahar sangat memukau. Anda dapat berlari dan melompat di pasir gunung.

White Island, Selandia Baru. White Island telah bererupsi secara konstan selama tiga dekade terakhir. Pulau ini dapat dikunjungi dengan perahu atau helikopter dari Whakatane. Saat mendarat di Teluk Crater, Anda akan menyaksikan berbagai fitur khas gunung ini yang sangat menarik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com