Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel Baru Dekati Istana Kepresidenan Cipanas

Kompas.com - 16/11/2011, 11:04 WIB

CIPANAS, KOMPAS.com - Hotel-hotel kelas menengah masih diandalkan untuk menarik minat konsumen di daerah-daerah pariwisata. Di kawasan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, misalnya, keberadaan hotel segmen menengah atas yang didukung fasilitas Meeting, Incentive, Conference, dan Exhibition (MICE) dan liburan keluarga masih potensial untuk ikut mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Palace Hotel Cipanas yang dikembangkan Discovery Hotels and Resorts, misalnya.  Mengusung dan memberdayakan kekuatan lokal Cianjur, Jawa Barat, hotel ini menyatakan siap memasarkan MICE dan liburan keluarga di kawasan wisata paling padat ini.

Diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, Senin (14/11/2011) lalu, Palace Hotel Cipanas diharapkan bisa menarik dan melayani wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara, khususnya di kawasan Punncak Cipanas, Jawa Barat, dan sekitarnya.

"Menurut saya, hotel-hotel yang dikelola investor dalam negeri dan segmen kelas menengah seperti ini dapat mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Mari dalam sambutannya.

Ke depan, lanjut Mari, potensi pariwisata dari dalam negeri akan berkembang dengan baik.

"Wisatawan domestik akan menjadi pengaman dalam industri pariwisata. Untuk Palace, yang memberdayakan kekuatan lokal dengan mengangkat kuliner lokal dan menjual suvenir dari UKM di sini, akan menciptakan multi player effect dalam pariwisata," ujarnya.

General Manager Palace Hotel Cipanas, Charlie menjelaskan, kekuatan lokal yang dimaksud tersebut adalah bekerja sama dengan UKM binaan PKK, Koperasi, dan pedagang di sekitar Cipanas, Cianjur.

"Kuliner yang hadir di sini adalah makanan lokal yang terbaik dengan rasa yang tak kalah enaknya. Di sini juga ada gerai-gerai UKM menjual suvenir khas Cipanas," kata Charlie.

"Kami berusaha untuk tidak jauh dari unsur lokal. Ke depan, kami akan terus meningkatkan UKM dan makanan-makanan tradisonal yang lebih ditonjolkan. Inilah kelebihan kami, agar berbeda dari konsep hotel lainnya," tambahnya.

Hotel bintang tiga yang berdekatan dengan Istana Kepresidenan, Cipanas, ini 70 persen memang untuk market MICE. Didukung ballrooom berkapasitas 700 orang dan 7 ruang pertemuan dengan kapasitas 40 orang per ruangan, hotel ini bisa dimanfaatkan untuk perayaan, seminar, eksibisi, konferensi, pameran, bahkan jamuan pernikahan.

Selain business center 24 jam, hotel ini juga dilengkapi fasilitas ruang rapat, fasilitas internet, mesin fotokopi dan layanan sekretaris. Hotel yang tidak menggunakan pendingin udara ini memiliki total kamar 185 bergaya kontemporer, terdiri dari 116 kamar superior, 53 kamar deluxe, 15 suite, 3 villas dan presidential suite, serta fasilitas lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com