Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Beli Oleh-Oleh yang Tepat? Simak Tips Ini...

Kompas.com - 16/11/2011, 11:44 WIB
Valentine Widi Virdhani

Penulis

KOMPAS.com - Orang-orang pasti suka menerima hadiah dari seseorang yang baru saja pulang dari berwisata. Jadi pastikan Anda mengetahui bagaimana membeli cendera mata untuk orang lain ketika Anda melakukan perjalanan wisata baik.

Sehingga Anda dapat memberi mereka kejutan berupa barang-barang yang memang mereka sukai. Mencari oleh-oleh dapat menjadi pemburuan yang menyenangkan.

Pilihlah barang khas tujuan wisata Anda, ataupun barang yang menunjukan ciri khas tujuan wisata Anda. Mungkin memilih baju dengan gambar tujuan wisata Anda itu biasa, namun benda tersebut bisa menjadi pilihan aman. Bisa juga membeli aksesori khas setempat.

Bila Anda ke luar negeri, Anda dapat membeli patung Hummel dari Jerman, sebotol anggur dari Italia, gelang asli buatan masyarakat setempat di Afrika, atau membawa pulang kimono dari jepang. Pastikan hadiah tidak cepat rusak. Pilih hadiah yang memiliki daya tahan yang baik atau toko tempat Anda membeli membungkus hadiah dengan baik sehingga tak mudah rusak ketika sampai di rumah.

Hal ini terutama berlaku untuk barang pecah belah. Pikirkan bagaimana Anda dapat membawa cendera mata tersebut selama sisa-sisa hari setelah Anda membelinya. Ingat, Anda harus membawanya hingga bandara. Jika Anda berpikir Anda tak dapat menjaga barang itu dengan baik karena mudah rapuh atau rusak, beli saja di hari terakhir Anda berwisata.

Pikirkan untuk membeli perhiasan asli tempat wisata Anda. Meskipun agak mahal, perhiasan dapat dipakai setiap hari atau pada acara-acara khusus. Dengan demikian, penerima oleh-oleh Anda akan selalu mengingat pemberian Anda. Pastikan Anda membeli perhiasan yang berkualitas, karena barang imitasi terkadang menyebabkan alergi terhadap kulit.

Ikuti aturan. Pastikan Anda mengikuti semua peraturan nasional dan internasional mengenai pembelian makanan yang Anda beli untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Pastikan pula bahwa hadiah yang Anda pilih legal untuk dibawa pulang.

Beberapa item seperti bulu, dan bagian lain dari spesies yang terancam punah akan membuat Anda tertangkap petugas keamanan karena hal tersebut ilegal. Sementara itu barang yang mengandung obat terlarang tentu hanya membuat Anda ditangkap petugas.

Anda harus memiliki cukup ruang di bagasi Anda. Janganlah membeli barang yang akan membuat Anda kelebihan bagasi bila, jika Anda menggunakan transportasi udara. Bila hal ini terjadi maka bersiaplah untuk membayar biaya tambahan jika Anda melakukannya.

Pertimbangkan kemasan ringan agar koper Anda cukup untuk menyimpan oleh-oleh Anda itu. Bisa juga dengan mengosongkan setengah isi koper Anda sebelum perjalanan. Jadi pakaian dan perlengakapan lainnya hanya memenuhi setengah isi koper. Sisanya Anda gunakan untuk tempat menaruh oleh-oleh.

Pilih hadiah yang sesuai, dengan penerima oleh-oleh Anda termasuk sesuai dengan umur si penerima. Jangan sampai Anda terkesan memaksakan membeli oleh-oleh atau suvenir karena Anda salah membeli hadiah yang misalnya terlalu kekanakan atau terlalu dewasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com