Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Penginapan Murah di Singapura? Pilih Saja Apartemen

Kompas.com - 19/11/2011, 19:45 WIB

KOMPAS.com - Singapura memiliki banyak tempat penginapan dengan berbagai jenis dan tipe. Mulai dari hotel berbintang, hostel, backpacker’s inn, guest house, sampai apartemen.

Tempat-tempat penginapan tersebut tersebar di seluruh penjuru Singapura. Namun secara umum dapat dikelompokkan dalam beberapa area utama seperti area Little India, Bugis, Katong, Orchard, Chinatown, Katong/Geylang, dan wilayah barat.

Hotel di Singapura terkenal dengan harganya yang cukup mahal dibandingkan dengan hotel sejenis di negara Asia Tenggara lainnya. Tinggal di hotel memang menyenangkan namun harganya yang cukup mahal. Apalagi harga kamar hotel ini cenderung naik terus setiap tahunnya.

Pilihan yang sangat menarik adalah tinggal di hotel bujet atau hostel (losmen). Hostel memberikan harga yang murah, dengan perhitungan sewa kamar per orang per malam. Harga mulai dari 12 hingga 50 dollar Singapura.

Kamar yang tersedia terdiri dari single bed hingga dorm-bed (seperti asrama) dengan kapasitas hingga 20 orang. Layanan yang diberikan mulai dari kamar private ber-AC dengan kamar mandi di dalam atau kamar share yang hanya menggunakan AC atau kipas angin, dengan kamar mandi terpisah di luar.

Tipe ranjangnya pun berbeda, ada single, double, ataupun ranjang susun. Fasilitas lain yang tersedia diantaranya laundry (mesin cuci), dapur, lemari, perpustakaan, telepon lokal gratis, akses internet, makan pagi, loker, ruang bersama, sarana olahraga, dan sebagainya.

Namun bagi yang bepergian dengan seluruh anggota keluarga atau beramai-ramai dengan teman, seringkali tinggal di hostel ini kurang nyaman. Bahkan beberapa hostel melarang anak kecil untuk menginap di tempatnya.

Salah satu solusi untuk tinggal di Singapura dengan harga murah dan fasilitas yang cukup lengkap, walaupun kamar dan tempat tidurnya tidak sebagus hotel adalah apartemen. Keberadaan apartemen di Singapura dimulai sekitar tahun 2000. Yaitu, saat banyak apartemen yang tidak dihuni dan dibiarkan kosong oleh pemiliknya.

Apartemen ini berlokasi di daerah yang strategis, dekat ke pusat pertokoan, dan juga dilalui oleh kendaraan umum. Berbeda dengan hotel atau tempat penginapan lain, apartemen hanyalah sebuah tempat tinggal yang dialihfungsikan sebagai tempat penginapan, terutama untuk turis yang tidak terlalu mementingkan layanan seperti di hotel biasa.

Apartemen menyediakan fasilitas-fasilitas layaknya sebuah penginapan, seperti kamar ber-AC, air panas atau dingin, dapur, laundry (mesin cuci), ruang makan, ruang tamu, dan kamar mandi “sharing”. Namun berbeda dengan penginapan backpacker, apartemen hanya menyewakan paket kamar. Sehingga bagi yang bepergian sendiri, kamar ini akan terasa besar dan mahal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com