Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Wisata Belanja di Singapura

Kompas.com - 21/11/2011, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Singapura merupakan tempat yang memanjakan para shopaholic. Mulai dari kenyamanan tempat belanja, keragaman merek produk yang dijual, hingga harga yang sangat bervariasi dari kelas kaki lima hingga kelas butik bintang lima.

Sebelum berbelanja, sebaiknya lengkapi diri dengan informasi mengenai tempat belanja dan waktu kunjungan belanja kita. Waktu terbaik untuk berbelanja di Singapura adalah pada saat Natal dan Tahun Baru, Musim Great Sale Singapore (antara bulan Mei hingga Juli), dan pada saat Tahun Baru Cina (Imlek).

Jam Belanja. Sejumlah toko serba ada (department store) dan beberapa toko yang lebih kecil buka setiap hari dari pukul 10.00 pagi sampai sekitar pukul 22.00 malam.

Bahkan ada yang buka selama 24 jam. Pada waktu-waktu tertentu, seperti pada saat musim great sale, beberapa mal dan toko mengadakan program belanja hingga tengah malam.

Satu-satunya toko serba ada yang menyediakan segala macam barang adalah Mustafa Centre. Terletak di area Little India (stasiun MRT Farrer Park). Mustafa Center buka 24 jam, setiap hari sepanjang tahun.  

Harga dan Penawaran. Di toko-toko besar, harga-harga barang sudah diberi label harga yang sudah tetap. Demikian pula beberapa toko kecil melakukan hal yang sama.

Untuk toko yang tidak mencantumkan label harga, tanyakanlah harga terbaik dan potongan harga yang bisa diperoleh. Jika harus menawar, tawarlah dengan harga yang realistik sampai dicapai kesepakan.

Pada saat ada program potongan harga, tunjukan paspor Anda ke kasir. Anda pun bisa mendapatkan potongan yang lebih besar.

Sebagai patokan harga awal, lihatlah iklan-iklan di situs-situs khusus yang selalu memperbaharui informasi tentang penjualan potongan harga di seluruh Singapura.

Cara Pembayaran. Hampir semua toko menerima kartu kredit yang dikeluarkan bank internasional. Beberapa kasus sempat terjadi, seperti penolakan kartu kredit yang dikeluarkan bank-bank Indonesia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com