Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketan Keratok, Suatu Pagi

Kompas.com - 24/11/2011, 10:03 WIB

Menghirup udara pagi dan menyantap ketan keratok. Mmm..., sebuah kenikmatan tersendiri di Kota Probolinggo, Jawa Timur. Ketan keratok adalah ketan yang dimasak dengan campuran kacang kara yang dalam bahasa Madura disebut keratok.

Ketan keratok disajikan dengan taburan parutan kelapa dan disiram dengan gula merah. Namun ini soal selera sehingga kadang ada penikmat yang tidak menginginkan siraman gula merah pada ketan. Ada juga yang meminta ketan justru ditaburi garam. Rasa ketan nan legit berpadu dengan keratok yang gurih.

Rasa manis gurih muncul di lidah ketika kita menambahkan siraman gula merah manis. Paduan rasa gurih manis ketan keratok yang melebur di dalam mulut itu meninggalkan pengalaman rasa menyenangkan yang serasa tinggal terus di mulut.

Di Probolinggo, biasanya ketan keratok disantap kala pagi.

Sebab, pada akhir musim kemarau, saat matahari mulai tinggi, hanya rasa gerah menyengat yang akan menemani kita sepanjang hari. Itu mengapa, bagi sebagian warga Probolinggo, pagi merupakan masa-masa emas untuk menikmati kenyamanan kota di pantai utara Jawa Timur itu. Dan, pagi akan bertambah nikmat bersama ketan keratok.

Pelataran bioskop

Salah satu penyedia ketan keratok adalah sebuah warung kecil di Jalan Dr Soetomo, Probolinggo, tepatnya di pelataran bekas Bioskop Garuda. Di sana ada warung kopi dan ketan keratok milik Bu Nunung (39) dan Pak Arbai (43). Warung itu hanyalah warung kecil dari kayu dengan bangku-bangku panjang sebagai tempat duduk. Pengunjung warung kecil itu selalu membeludak. Sebagian penikmat memilih duduk di lapak-lapak di sekitar warung. Ada juga yang duduk di teras bekas Bioskop Garuda tersebut.

Untuk memasak ketan keratok, awalnya Bu Nunung harus merebus keratok yang sudah dikuliti terlebih dahulu hingga mendidih. Setelah mendidih, ketan diangkat sebentar dari tungku, kemudian dididihkan lagi hingga lima kali. Setelah dimasak secara terpisah selama enam kali, keratok akan dikukus bercampur dengan ketan. Memasaknya menggunakan tungku dengan kayu bakar sebagai bahan bakar. Hal ini dipercaya menambah nikmat rasa ketan keratok.

Proses memasak hingga enam kali itu dimaksud untuk menghindari salah masak. ”Memasak keratok tidak bisa sembarangan. Kalau salah masak, bisa-bisa pelanggan jadi pusing semua seperti orang mabok,” tutur Bu Nunung, pemilik warung.

Ketan keratok minimal harus direbus selama enam kali sebelum dikukus dengan dicampur ketan menjadi adonan yang kalis.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com